BerandaIslampadDoa dan HadistDoa Hari Terakhir di Bulan Ramadan untuk Sambut Kemenangan

Doa Hari Terakhir di Bulan Ramadan untuk Sambut Kemenangan

HOLOLIS.COM, JAKARTA – Di penghujung bulan Ramadan, setiap detik terasa begitu berharga. Hari-hari terakhir di bulan suci ini tidak hanya menjadi momen untuk memaksimalkan ibadah dan doa tapi juga kesempatan untuk merenungkan kembali perjalanan spiritual selama sebulan penuh.

Doa di hari terakhir Ramadan menjadi sebuah simfoni spiritual yang menggema, menyentuh setiap jiwa yang merindukan kedekatan dengan Sang Pencipta, mengharap keampunan, dan mengejar keberkahan yang abadi.

Setelah sebulan penuh puasa Ramadan dan mendapatkan malam Lailatul Qadar, Rasulullah SAW menganjurkan muslim mengamalkan salam perpisahan dengan bulan Ramadan dengan membaca doa berikut.

Ada doa akhir Ramadan shahih yang diajarkan Rasulullah SAW menjelang masuknya bulan Syawal. Doa tersebut berisikan permohonan kepada Allah SWT untuk diberikan pengampunan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Doa akhir Ramadan ini seperti yang telah diajarkan Rasulullah SAW. Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa,

“Beliau bersabda, ‘Siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah’.”

Berikut bacaan doa akhir Ramadan dalam hadits tersebut.

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْع لْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allahuma laa taj’alhu aakhiril’ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja’altahu faj’alnii marhuuman walaa taj’alnii mahruuman.

Artinya: Ya Allah, janganlah Kau jadikan puasa ini yang terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikan sebaliknya (sebagai puasa terakhir), jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku sebagai orang yang Engkau jauhi.

Dikutip Holopis.com dari buku Mafatih Al Jinan Jilid 2 (Kunci-kunci Surga edisi Indonesia) karya Syekh Abbas Al Qummi, terdapat riwayat lain mengenai bacaan doa perpisahan bulan Ramadan yang dapat dibaca di akhir Ramadan.

Sayyid Ibnu Tawis meriwayatkan dari Imam Shadiq bahwa barang siapa yang mengucapkan salam perpisahan dengan bulan Ramadan seraya membaca doa berikut yang artinya adalah sebagai berikut.

“Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan ini sebagai masa terakhirku untuk berpuasa dalam bulan Ramadan dan aku berlindung kepada-Mu supaya fajar malam ini terbit kecuali Engkau telah mengampuniku.”

Doa tersebut dipanjatkan agar Allah SWT akan mengampuninya sebelum pagi tiba dan ia akan menganugerahkan kepadanya tobat dan kembali ke haribaan-Nya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah di hari Tarwiyah dan Arafah. Lantas, kapan puasa Tarwiyah...

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri bagi umat Islam, karena adanya beberapa dalil yang menunjukkan keagungan dan keberkahan hari tersebut...

Amalan Makan Sebelum Shalat Ied, Berikut Penjelasannya

Sebelum menjalani shalat Ied, disunnahkan bagi umat Islam untuk makan sekedarnya terlebih dahulu, seperti memakan beberapa biji kurma dengan jumlah yang ganjil.

Waktu dan Niat Zakat Fitrah

Di dalam mengakhiri Ramadan, ada sebuah tuntunan syariat yang tidak boleh dilewatkan, yakni zakat fitrah. Hukum membayar zakat fitrah adalah wajib.

Doa Agar Bisa Menahan Emosi Ketika Berpuasa

Dalam menjalankan ibadah puasa, tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari meluapnya emosi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS