BerandaNewsRagamAda Rampak Bedug di Masjid Istiqlal Jakarta Hiasi Malam Takbiran

Ada Rampak Bedug di Masjid Istiqlal Jakarta Hiasi Malam Takbiran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buat masyarakat yang ingin merayakan malam takbiran di Jakarta bisa mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid megah yang ada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat tersebut akan menggelar rampak bedug, takbir nasional dan pawai obor saat malam takbiran dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Ada dua acara, takbir nasional, rampak bedug di plaza Al-Fattah. Sebelumnya ada pelepasan pawai obor,” kata Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, Selasa (9/4) seperti dikutip Holopis.com.

Abu mengatakan, bahwa di dalam acara takbir nasional, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar akan memberikan sambutan dilanjutkan perwakilan dari Sarawak.

“Dari Sarawak semacam memberikan sambutan, diikuti ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Masjid Istiqlal bekerja sama dengan beberapa di masjid luar. Dilanjutkan rampak bedug, lalu takbir sampai sekitar pukul 22.00-22.30 WIB,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Terkait pawai obor, Abu mengatakan, kegiatan ini pertama kali diadakan di Istiqlal dan difasilitasi Kementerian Agama. Menurut informasi yang dia ketahui, sebanyak 200 orang berpartisipasi dalam pawai obor, bekerja sama dengan sejumlah masjid.

“Untuk menghidupkan tradisi. Dulu kan ada bambu, pokoknya ada yang benar-benar obor, ada yang digital. Maknanya bukan di obornya tapi perayaan,” ujar Abu.

Namun, dia belum dapat memastikan lokasi kegiatan pawai obor di sekitar masjid semata atau bisa ke luar masjid karena masih menunggu izin dari pasukan pengamanan presiden. “Karena malam takbiran itu pasukan pengamanan presiden mengambilalih, diizinkan keluar atau hanya di masjid,” tukas Abu.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hujan Deras, Turap Dinding Tol JORR Bintaro Longsor

HOLOPIS.COM, TANGSEL - Akibat hujan deras turap dinding di bantara ruas Tol JORR, di Jalan Mulia Bhakti, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan longsor, sekitar pukul...

Tahun Baru Islam Libur Nasional? Begini Ketentuannya

Biasanya, pemerintah menetapkan perayaan keagamaan seperti tahun baru Islam sebagai sebagai libur nasional. Lantas, apakah tahun baru Islam 1446 Hijriah masuk dalam daftar hari libur nasional?

Menag Ajak Umat Jadikan Tahun Baru Islam Semangat Hijrah

Menag mengajak untuk menjadikan semangat tahun baru ini sebagai inspirasi melakukan evaluasi dan perbaikan diri.

Rekomendasi Oleh-oleh di Jakarta Fair 2024 Untuk Dibawa Pulang

Jakarta Fair Kemayoran 2024 masih berlangsung, masih banyak yang bisa dikunjungi. Salah satunya, yakni oleh-oleh yang bisa didapatkan tanpa perlu jauh-jauh ke kota asalnya.

Puslabfor Masih Menyelidiki Kebakaran Revo Mall Bekasi

Bekasi,Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji menyebutkan bahwa penyebab kebakaran Revo Mall yang terjadi pada Sabtu 22 Juni 2024 lalu belum diketahui,Untung juga menyebut...

Heru Akan Pasang Kembali Papan Plang Jakhabitat Yang Hilang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Papan plang Jakhabitat era Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Rusunami Cilangkap, Jakarta Timur hilang. Hilangnya papan tersebut sempat diunggah...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS