BerandaNewsRagamSejarah Hari Autisme Sedunia, Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Sejarah Hari Autisme Sedunia, Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Peduli Autisme Sedunia, yang juga dikenal sebagai Hari Kesadaran Autisme Sedunia, dirayakan setiap tanggal 2 April setiap tahunnya. Ini adalah hari di mana orang di seluruh dunia bersatu untuk meningkatkan kesadaran tentang spektrum autisme, memperjuangkan hak-hak individu yang hidup dengan autisme, dan mempromosikan inklusi masyarakat bagi mereka.

Bagaimana sih sejarah singkatnya?

Asal Usul Hari Peduli Autisme Sedunia

Hari Peduli Autisme Sedunia pertama kali diusulkan oleh Organisasi Pendidikan Khusus di negara-negara Scandinavia pada tahun 2005. Usulan ini kemudian diterima oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan didukung oleh resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 18 Desember 2007. Sejak itu, tanggal 2 April secara resmi diakui sebagai Hari Kesadaran Autisme Sedunia.

Penerbit Iklan Google Adsense

Makna Tanggal 2 April

Tanggal 2 April dipilih untuk memperingati hari lahir Dr. Hans Asperger, seorang dokter Austria yang pertama kali menggambarkan kondisi yang sekarang dikenal sebagai Sindrom Asperger pada tahun 1944. Hari ini juga merupakan kesempatan untuk menghormati kontribusi individu dengan autisme terhadap masyarakat.

Tujuan Hari Peduli Autisme Sedunia

Tujuan utama Hari Peduli Autisme Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang autisme di kalangan masyarakat umum, membantu menghapus stigma dan stereotip negatif, serta mempromosikan inklusi dan pemahaman terhadap individu yang hidup dengan autisme. Selain itu, hari ini juga menjadi kesempatan untuk memperjuangkan hak-hak mereka dalam hal pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari.

Mengapa memperingati Hari Peduli Autisme penting?

Hari Peduli Autisme Sedunia menyoroti pentingnya kesadaran dan dukungan bagi individu dengan autisme dan keluarga mereka. Dengan meningkatkan pemahaman dan inklusi masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih ramah dan mendukung bagi mereka yang hidup dengan autisme, sehingga mereka dapat meraih potensi penuh mereka dan berkontribusi secara positif dalam masyarakat.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Guru Besar IPB Yakin Program Makan bergizi Prabowo Bisa Berjalan Mulus

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Rachmat Pambudy meyakini program makan bergizi yang bakal terlaksana pada pemerintahan presiden terpilih, Prabowo Subianto dapat berjalan mulus.

Mengenal Dr. Firmanto, Menantu Otto Hasibuan yang jadi Profesor Kehormatan Unissula

Menantu dari Otto Hasibuan, seorang tokoh hukum terkemuka, dan suami dari Putri Hasibuan ini tidak hanya dikenal karena prestasi akademiknya, tetapi juga gaya hidupnya yang inspiratif.

Seragam Olimpiade 2024 Tim Garuda Karya Didit Prabowo Rilis, Netizen Kagum dan Lega

Seragam Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 akhirnya sudah dirilis. Desain kaos, jaket, serta tas yang nantinya akan dikenakan para atlet tanah air di Prancis adalah hasil karya dari desainer kenamaan, Didit Hediprasetyo, putra dari presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ada Mokoland Show di Mal Ciputra Jakarta, Cocok Buat Isi Liburan Sekolah

Untuk menghibur pengunjung khususnya anak-anak yang sedang libur sekolah, Mal Ciputra Jakarta bekerjasama dengan PT Adinata Melodi Kreasi selaku pemegang lisensi Disney pertama di Indonesia menggelar acara Mokoland

Banjir Rendam Pemukiman Warga Di Kabupaten Sidenreng Rappang

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga yang ada di Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Stasiun MRT Glodok – Kota Telah Terhubung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Proyek pembangunan stasiun bawah tanah MRT Jakarta semakin dikebut. Teranyar Stasiun Glodok dan Kota kini telah terhubung.  Corporate Secretary Division Head PT...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS