BerandaNewsEkobizSPI Minta Naikkan HPP Gabah Tak Sekadar Fleksibilitas

SPI Minta Naikkan HPP Gabah Tak Sekadar Fleksibilitas

HOLOPIS.COM, HAKARTA – Ketua Umum SPI (Serikat Petani Indonesia) Henry Saragih menilai bahwa fleksibilitas harga yang terjadi saat ini tidak sebanding dengan kenaikan biaya usaha tani padi sawah konvensional. Hal ini disampaikan oleh Hery untuk menyikapi kenaikan HPP gabah alias Harga Pembelian Pemerintah.

“SPI menghitung ada kenaikan sebesar Rp1.000 untuk setiap kilogram gabah yang dihasilkan, dari Rp5.050/kg pada tahun 2023 menjadi di atas Rp6.000/kg tahun 2024 ini,” ujar Henry dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (6/4).

Sehingga jika angka fleksibilitas gabah dibatasi hanya Rp6.000/kg, maka sama dengan biaya pokok produksi yang dikeluarkan petani. Kondisi ini kata Henry jelas membuat petani tidak bisa mendapatkan nilai untung. Sebab, pasar akan mengacu pada harga pembelian pemerintah untuk pengadaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) oleh Perum Bulog.

Berdasarkan itu, untuk menyelamatkan harga gabah ditingkat petani, SPI mendesak Kepala Badan Pangan Nasional untuk segera melakukan perubahan Peraturan tentang HPP Gabah dan Beras.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Jadi bukan hanya sekadar fleksibilitas harga. SPI mengusulkan HPP GKP dinaikkan dari Rp5.000 per kg menjadi Rp7.000 per kg,” tutur Henry.

Terakhir, Henry juga mengatakan bahwa kenaikan HPP Gabah akan memperkuat Perum Bulog untuk menyerap gabah petani. Sehingga CBP tidak lagi berasal dari Beras Impor.

“Selain membuat kebijakan harga yang tetap untuk jangka waktu lama, pemerintah perlu melakukan perbaikan kebijakan distribusi dan perdagangan beras yang melindungi petani dan konsumen,” pungkas Henry.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa harga gabah di tingkat petani saat ini mengalami volatilitas sejak Desember 2023 dan Januari-Februari 2024. Pada pekan terakhir Maret 2024, harga gabah anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) turun setiap hari sebesar Rp100 rupiah.

Bahkan, gabah ada yang dihargai di bawah Rp. 5.000/kg. Semisal di Tuban-Jawa Timur, harga jatuh bahkan di bawah HPP menjadi Rp4.800-5.000/kg.

Demikian juga penurunan sepanjang Maret 2024 di Indramayu-Jawa Barat ke Rp7.500/kg, Pati-Jawa Tengah Rp5.000, Pandeglang-Banten Rp5.000, Deli Serdang-Sumatera Utara Rp5.800, Aceh Tamiang dan Langsa-Aceh Rp5.400, Banyuasin-Sumatera Selatan Rp5.000, dan Sintang-Kalimantan Barat Rp5.400.

Kondisi tersebut tervalidasi dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang memuat penurunan rata-rata harga gabah ditingkat petani dari Februari 2024 sebesar Rp7.261/kg menjadi Rp6.736/kg per Maret 2024. Harga gabah yang anjlok tersebut jelas membuat bangkrut para petani di Indonesia.

Pemerintah kemudian pada Rabu 3 April 2024 menerbitkan Surat Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI Nomor 167 Tahun 2024 tentang Fleksibilitas Harga Pembelian Gabah dan Beras Dalam Rangka Penyelenggaraan Cadangan Beras Pemerintah.

Adapun besaran fleksibilitas untuk Gabah Kering Panen (GKP) antara Rp. 5.000/kg sampai dengan Rp6.000/kg. Ketentuan ini berlaku dari 3 April 2024 dan berakhir pada 30 Juni 2024.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS