BerandaNewsInternasionalTaiwan Diguncang Gempa 7.5 Magnitudo

Taiwan Diguncang Gempa 7.5 Magnitudo

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Taiwan diguncang gempa bumi berkekuatan 7.5 skala richter pada hari Rabu (3/4). Gempa tersebut digadang-gadang sebagai gempa terkuat yang pernah terjadi dalam seperempat abad di Taiwan.

“Gempa ini dekat dengan dataran dan dangkal. Gempa ini terasa di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas Pantai, ini yang terkuat dalam 25 tahun sejak gempa (1999),” demikian disampaikan direktur Pusat Seismologi Taipei Wu Chien-fu, dikutip Holopis.com, Rabu (3/4).

Gempa terjadi pada pukul 8 pagi waktu setempat. Sangking dahsyatnya, gempa tersebut memicu peringatan tsunami di Jepang dan Filipina.

Sebagai informasi, gempa dahsyat yang pernah terjadi di Thailand terakhir kali terjadi pada tahun 1999 telah menewaskan 2.400 orang dengan kekuatan 7.6 skala richter.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dampak Gempa di Jepang

Gempa tersebut menyebabkan ancaman tsunami di Jepang. Gelombang tsunami setinggi 3 meter diperkirakan akan melanda pulau-pulau terpencil di Jepang yang posisinya berada di dekat Taiwan.

“Tsunami akan datang. Mohon segera dievakuasi,” demikian disampaikan media lokal Jepang, NHK.

Kemudian Tsunami setinggi 20 cm pun mencapai pulau Yonaguni pada pukul 9.19 waktu setempat. Penerbangan pun dihentikan di bandara Naha, sebagai tindakan pencegahan.

Sebagai informasi tambahan, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan pusat gempa berada 18 km selatan Kota Hualien Taiwan pada kedalaman 34,8 km.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Joe Biden Ogah Mundur dari Pilpres AS 2024 Meski Ketuaan

Presiden Joe Biden telah menegaskan komitmennya untuk ikut dalam pemilihan presiden tahun 2024, meskipun menemui tantangan terkait performa debatnya dengan Donald Trup yang dianggap lemah.

Prabowo Subianto Apresiasi Dukungan PM Malaysia

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengucapkan terimakasih kepada PM Malaysia Anwar Ibrahim atas dukungan yang diberikan kepada pemerintah Indonesia.

Badai dan Banjir China, Ratusan Ribu Orang Harus Dievakuasi

Wilayah China bagian Timur dilanda badai hujan dan banjir yang mengakibatkan sungai-sungai seperti Yangtze meluap.

UPDATE : Jumlah Korban Tewas Terinjak-Injak di Festival Agama India Jadi 121 Orang

Jumlah Korban tragedi terinjak-injak di India dalam festival keagamaan telah meningkat. Sebanyak 121 orang meninggal dunia di Uttar Pradesh, India utara. Peristiwa tragis ini terjadi selama pertemuan keagamaan Hindu yang sangat padat.

Joe Biden Ternyata Ngantuk dan Hampir Molor Saat Debat Capres Lawan Donald Trump

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengakui bahwa penampilannya dalam debat presiden minggu lalu tidak memuaskan.

116 Orang Tewas Terinjak-injan di Acara Festival Keagamaan India

Sebuah pertemuan keagamaan di desa Hathras, Utter Pradesh, India, berakhir menjadi tragedi memilukan ketika lebih dari 116 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas terinjak-injak. I
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS