Categories: Pilpres

Usai 4 Menteri, Kini Ganjar-Mahfud Minta MK Hadirkan Kapolri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim Hukum Ganjar-Mahfud meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menghadirkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) berikutnya.

Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengatakan, bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan tersebut ke MK.

“Kami sudah melayangkan surat ke MK ya bahwa di samping 4 menteri yang akan dihadirkan plus DKPP, kami juga akan meminta kepada Ketua Majelis untuk menghadirkan Kapolri pada sidang berikutnya,” kata Todung dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (2/4).

Todung mengatakan, kehadiran Kapolri di ruang sidang sengketa Pemilu 2024 itu diperlukan untuk membuat terang dugaan yang menyangkut institusi Polri yang dipimpin oleh Kapolri Listyo.

“Cukup banyak hal-hal yang menyangkut kepolisian, pihak polisi yang melakukan intimidasi, kriminalisasi, yang terlibat dengan ketidaknetralan dalam kampanye,” kata Todung.

Sebagai informasi, bahwa Tim Hukum Ganjar-Mahfud sebelumnya meminta MK untuk menghadirkan sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju Jilid II, dan permintaan itu pun dipenuhi, dimana MK akan menghadirkan 4 menteri dalam sidang sengketa Pemilu pada Jumat (5/4) mendatang.

Adapun keempat menteri tersebut diantaranya yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy:Menteri Keoordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Selain itu, MK juga bakal memanggil 5 (lima) anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam persidangan tersebut.

Ketua MK, Suhartoyo memastikan, para pihak baik itu pemohon, termohon, maupun pihak terkait dalam sidang tidak dapat bertanya kepada para menteri tersebut.

“Karena ini keterangan yang diminta mahkamah maka nanti pihak-pihak tidak kami sediakan waktu untuk mengajukan pertanyaan, jadi yang melakukan pendalaman hanya para hakim,” ucap Suhartoyo, Senin (1/4).

Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Fadil Jaidi Nangis Tersedu-sedu Ditinggal Nikah Sahabat

Youtuber terkenal Faidl Jaidi tampak tak bisa menahan rasa harunya di hari pernikahan sang sahabat,…

2 menit ago

PPP Pertimbangkan Dukung Bobby dan Nagita Slavina di Pilgub Sumut

PPP mengungkapkan bahwa pihaknya sampai saat ini masih mempertimbangkan untuk mendukung Bobby Nasution maju di…

17 menit ago

Raffi Ahmad Beri Sinyal Bakal Terjun ke Politik

Raffi Ahmad menjawab kabar bahwa dirinya bakal diusung dalam Pilkada Serentak 2024. Suami dari Nagita…

32 menit ago

Gibran Bantah Rajin ke Jakarta Demi Endorse Kaesang Pangarep

Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka menjelaskan alasannya belakangan ini sering berkunjung ke…

47 menit ago

Kaesang Pangarep : Jateng Punya Masalah Kompleks

Ketua Umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep mulai melirik potensi untuk maju di Pilkada…

1 jam ago

Bukan Eddy Rahmayadi, PKS Dukung Bobby Nasution Maju di Pilkada Sumut

PKS menegaskan bahwa mereka telah memilih untuk memberikan rekomendasi kepada Bobby Nasution di Pilkada Sumatera…

1 jam ago