Hari Buku Anak Sedunia, Jadi Momen Tingkatkan Minat Baca Anak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Buku Anak Sedunia dirayakan oleh semua orang di seluruh belahan dunia pada tanggal 2 April setiap tahunnya. Hari Buku Anak ini juga bertepatan dengan perayaan Hari Kelahiran Bapak Dongeng Sedunia.

Hari Buku Anak Sedunia pada dasarnya adalah suatu perayaan yang bertujuan untuk terus meningkatkan minat baca kepada anak-anak, yang lambat laun semakin terkikis karena disrupsi teknologi yang berkembang pesat.

Selain itu, perayaan Hari Buku Anak Sedunia ini juga bertujuan untuk mengenang sosok Bapak Dongeng Sedunia, Hans Christian Andersen yang merupakan seorang penulis asal Denmark.

Sejarah Hari Buku Sedunia

Dilansir dari laman perpusnas.go.id dan dispusip.pekanbaru.go.id, Hari Buku Sedunia atau International Children’s Book Day (ICBD) pertama kali dicetuskan oleh International Board of Books for Young People (IBBY).

IBBY ini merupakan organisasi non-profit yang membangun jaringan internasional bagi orang-orang yang memiliki komitmen untuk membuat buku dan anak-anak menyatu.

Pemilihan tanggal 2 April sebagai perayaannya berdasarkan pada tujuan di atas, yakni untuk mengenang sosok Hans Anderson yang lahir pada tanggal tersebut. Dimana tanggal 2 April merupakan hari kelahiran Sang Bapak Dongeng Sedunia.

mencetuskan Hari Buku Anak Sedunia pada tanggal 2 April. Selain bertujuan untuk terus meningkatkan minat baca kepada anak-anak, perayaan tersebut juga bertujuan untuk mengenang sosok Bapak Dongeng Sedunia, yaitu Hans Christian Andersen, seorang penulis asal Denmark.

Beberapa karya terkemuka dari Sang Maestro buku cerita anak ini seperti buku the Emperor’s New Clothes, the Little Mermaid, the Nightingale. The Snow Queen, dan the Ugly Duckling.

Adapun pada setiap tahunnya, Hari Buku Anak Sedunia dirayakan pada satu negara dari 60 National Section yang berkesempatan untuk menjadi sponsor.

Sehingga nantinya perwakilan tersebut akan memilih tema dan mengundang pengarang terkenal dari negara penyelenggara untuk membuat pesan perayaan Hari Buku Anak Internasional.

Tema Hari Anak Sedunia

Dilansir dari laman resmi ibby.org, tahun 2024 ini, perayaan Hari Buku Anak Internasional diselenggarakan dengan mengangkat tema “Cross the Seas on the Wing of your Imagination”, di mana IBBY Jepang (JBBY) mendapatkan kehormatan menjadi sponsor resmi ICBD 2024.

Untuk itu, seorang penulis terkemuka asal Jepang bernama (Eiko Kadono) telah menyiapkan surat untuk anak-anak di seluruh dunia. Sedangkan seorang seniman Jepang bernama Nana Furiya suda menyiapkan posternya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sejarah Hari Palang Merah Indonesia

Hari Palang Merah Indonesia (PMI) diperingati setiap tanggal 3 September untuk menghormati dan mengenang pendirian serta kontribusi penting dari organisasi kemanusiaan ini.

Hari Penghilangan Paksa Internasional, Momentum Penghormatan bagi Korban Hilang

Setiap tanggal 30 Agustus, dunia memperingati Hari Penghilangan Paksa Internasional, atau yang dalam bahasa inggris yakni International Day of the Victims of Enforced Disappearances).

Hari Perumahan Nasional 2024, Begini Sejarah dan Temanya

25 Agustus setiap tahunnya, masyarakat Indonesia merayakan Hari Perumahan Nasional (Hapernas). Pada tahun 2024, peringatan Hari Perumahan Nasional mengambil tema "Mewujudkan Hunian Layak untuk Semua."
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru