BerandaNewsTeknoSTIK Bakal Bahas Aspek Hukum dan Kebijakan Pemerintah dengan Pendekatan AI

STIK Bakal Bahas Aspek Hukum dan Kebijakan Pemerintah dengan Pendekatan AI

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu komponen penting di dalam dunia teknologi informasi dewasa ini adalah Artificial Intelligence (AI). Apalagi hampir semua platform digital saat ini sudah banyak mengembangkan teknologi kecerdasan buat ini untuk menjadi alat bantu bahkan penunjang kinerja.

Hal ini yang menjadi perhatian serius dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK). Mereka akan membahas tentang dampak dan geliat perkembangan AI di era digitalisasi seperti saat ini.

“Kami ingin mengajak para entitas bangsa khususnya generasi muda untuk mampu memahami bagaimana teknologi AI menjadi sesuatu yang bisa saja sangat relevan dengan kebutuhan sekunder kita sehari-hari,” kata panitia pelaksana Sekolah Seminar STIK, Danny Trisespianto Sutarman kepada wartawan, Senin (1/4).

Apalagi kata dia, perkembangan teknologi AI tidak hanya sekadar alat bantu untuk berdialog saja, akan tetapi bisa saja bakal merambah ke aspek yang lebih krusial lagi, yakni bagaimana AI bisa membantu merancang road map strategi bagi pemerintahan, termasuk di institusi negara seperti Kepolisian.

“Sangat mungkin, karena pemanfaatan AI di sektor publik bisa berpotensi meningkatkan proses pengambilan keputusan, peningkatan penyampaian layanan dan mengatasi masalah sosial yang kompleks,” jelasnya.

Oleh sebab itu, pemahaman ini penting dibahas lebih rinci dan mendalam dalam sebuah seminar khusus yang hendak ia gulirkan dalam waktu dekat. Sehingga masyarakat Indonesia khususnya para mahasiswa dan generasi muda nanti dapat memahami bagaimana menggunakan AI yang tepat dan bijak.

“Kesadaran terhadap etika AI penting dibahas dalam rangka pengembangan dan penerapan terhadap teknologi kecerdasan buatan. Maka diskusi ini kami rasa penting sekali ya,” tuturnya.

Rencananya, seminar dengan tema “Navigating Through the AI Impersonation Deluge: Shaping A Roadmap for Government Response” tersebut akan diselenggarakan di Auditorium Mutiara STIK Lemdiklat Polri di Jl Tirtayasa Raya Nomor 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada hari Selasa, 2 April 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah ; Prof Teddy Mantoro, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada dan CEO Chatbot Kata.ai Irzan Raditya.

“Sengaja kita mengundang para profesional dan praktisi serta pimpinan lembaga negara agar seminar nanti lebih relevan,” terang Danny.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Begini Kata Sri Mulyani soal Dolar AS yang Makin Kuat

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berbicara terkait semakin menguatnya nilai mata uang Dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah dalam beberapa waktu belakangan ini.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :