NewsEkobizInflasi Ramadan 2024 'Agak Laen', BPS Beberkan Alasannya

Inflasi Ramadan 2024 ‘Agak Laen’, BPS Beberkan Alasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) telah membeberkan data terbaru perihal angka inflasi pada periode bulan Maret 2024, yang bertepatan dengan momen Ramadan 2024.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, bahwa pihaknya mendapati adanya keunikan terkait data inflasi yang terjadi pada periode tersebut.

Jika pada momen Ramadan di tahun-tahun sebelumnya andil inflasi adalah kelompok makanan minuman dan tembakau serta transportasi, namun pada tahun ini berbeda, dimana andil inflasi juga diberikan oleh kelompok perawatan pribadi dan lainnya dengan andil inflasi 0,04 persen.

“Kenaikan andil kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya ini didorong oleh kenaikan harga emas perhiasan yang memberikan andil tertinggi di kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya. Juga ini dipengaruhi oleh naiknya harga emas di pasar global,” beber Amalia dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (1/4).

Sementara itu, kelompok transportasi yang biasanya memberikan andil inflasi terbesar, pada Maret 2024 tercatat hanya sebesar 0,01 persen. Hal itu didorong oleh tarif angkutan udara yang pada Ramadan tahun ini ternyata mengalami deflasi sebesar 0,97 persen.

Terdapat beberapa alasan tarif angkutan udara mengalami deflasi di Ramadan 2024, salah satunya karena masih sedikitnya permintaan dari masyarakat, semakin banyaknya jumlah rute dan frekuensi penerbangan.

Amalia menuturkan, banyak maskapai disebut tidak menaikkan tarif hingga adanya kebijakan pemerintah untuk menurunkan tarif angkutan udara di daerah destinasi pariwisata super prioritas.

“Jadi ini mekanisme supply and demand. Bahkan ada yang memberikan tarif udara lebih rendah dibandingkan Februari 2024,” bebernya.

Lebih rinci dijelaskan, terdapat 20 provinsi yang mengalami deflasi tarif angkutan udara dan 1 provinsi lainnya stabil. Sementara itu, 17 provinsi mengalami inflasi tarif angkutan udara antara lain di Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Tengah.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Pastikan Sepeda Motor Tak Kena Pembatasan BBM Pertalite

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengguna motor masih bisa membeli Pertalite setelah pembatasan pembelian BBM subsidi resmi berlaku.

Akhir Pekan, Harga Bahan Pangan Ramai-ramai Naik

Sejumlah harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional terpantau menunjukkan adanya kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Transaksi Bursa Karbon per Agustus 2024 Capai Rp 37,05 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan perkembangan terbaru mengenai bursa karbon, sejak resmi diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

Cadangan Devisa Indonesia Pecahkan Rekor Tertinggi

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2024 meningkat menjadi USD 150,2 miliar, dari yang sebelumnya per Juli 2024 sebesar USD 145,4 miliar.