BerandaNewsPanglima TNI Pastikan Tak Ada Human Error dalam Insiden Ledakan di Gudang...

Panglima TNI Pastikan Tak Ada Human Error dalam Insiden Ledakan di Gudang Ciangsana

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto memastikan tidak ada humen eror dalam insiden ledakan hebat yang terjadi di Gudmurah Ciangsana pada Sabtu (30/3) malam kemarin.

Dia menyebut, salah satu dugaan kuat penyebab ledakan adalah gesekan antar amunisi yang sudah masuk masa expired atau kedaluwarsa yang tersimpan di gudang bawah tanah.

“Bisa dari gesekan itu salah satunya. Tidak ada human error makanya SOP penyimpanannya karena munisi itu labil disimpan di bawah tanah, ada tanggul karena mencegah kemungkinan itu,” kata Agus dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (31/3).

Kendati demikian, hal tersebut hanya dugaan sementara. Untuk penyebab pastinya, kata dia, saat ini masih dalam proses penyelidikan.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Sekarang masih dicari penyebabnya, tapi kalau untuk kemungkinan ada gesekan karena labil tersebut,” tuturnya.

Menurut Agus, amunisi yang terbakar dan meledak di dalam Gudmurah Ciangsana merupakan amunisi yang sudah kedaluwarsa dan hendak dihancurkan atau diledakan oleh Pangdam Jaya.

Dia menegaskan, bahwa amunisi kedaluwarsa tersebut sangat sensitif dan cenderung mudah meledak. Adanya gesekan atau panas sedikit saja bisa memicu ledakan.

“Kalau sudah expired relatif sensitif dia, labil dia kena gesekan, kena panas akan mudah meledak,” kata Agus.

Sebagai informasi, bahwa ledakan dan kebakaran terjadi di Gudmurah Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (30/3) kemarin, sekitar pukul 18.15 WIB.

Dalam proses pemadaman, petugas sempat was-was untuk masuk ke titik lokasi kebakaran karena masih adanya ledakan amunisi.

Kendati demikian, petugas akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar Gudang penyimpanan peluru TNI itu pada hari Minggu pukul 03.45 WIB dini hari. Sementara proses pendinginan baru rampung pada pukul 08.15 WIB.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Zulhas Sebut Bea Masuk 200% Bakal Sasar Produk Tekstil hingga Teknologi Asal China

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan memberikan perkembangan terkait rencana pemerintah menerapkan tarif bea masuk untuk produk-produk asal China hingga 200%.

Pemerataan Akses Energi Penting Sentuh Daerah 3 T

Langkah pemerintah dalam memberikan akses energi yang merata dan terjangkau untuk seluruh masyarakat di semua wilayah di Indonesia wajib terus dilakukan.

Sah! PKB Resmi Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut

PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) secara resmi memberikan dukungan kepada Bobby Nasution untuk maju di Pilkada Sumatera Utara.

CCTV : Sekelompok Pemuda Bikin Onar di Ambon, Mobil Lewat Dilempar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Terekam kamera CCTV, sekelompok pemuda terlihat melakukan pengerusakan di sebuah tempat penjualan bensin, bahkan seluruh pelaku yang ada juga melempari kendaraan...

Mau Ketemu Kim Ji Won di Jakarta? Harus Rogoh Kocek Segini…

Aktris Korea Selatan, Kim Ji Won akan hadir di Indonesia untuk menjumpai para penggemarnya. Kabar itu diumumkan pada promotor Virgo Creative Entertainment di akun Instagram mereka @virgoenterteinment.id.

Pemkot Bekasi Cairkan Dana Pengamanan Pilkada 2024

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi resmi mencairkan dana hibah pengamanan kepada TNI dan Polri yang nantinya akan bertugas pada pelaksanaan Pilkada 27 November...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS