BerandaNewsRagamJangan Lupa Makan Telur, Ini Segudang Manfaatnya

Jangan Lupa Makan Telur, Ini Segudang Manfaatnya

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Telur merupakan salah satu makanan yang paling serbaguna dan kaya nutrisi yang tersedia di sekitar kita. Selain menjadi bahan dasar hidangan yang lezat, telur juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat konsumsi telur, kandungan gizinya, serta cara pengolahannya yang baik dan nikmat.

Manfaat Konsumsi Telur:

Telur merupakan salah satu sumber protein yang berkualitas tinggi. Protein ini penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta menjaga otot dan tulang tetap kuat.

Selain protein, telur juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan selenium. Nutrisi-nutrisi ini mendukung fungsi tubuh yang optimal dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam beberapa jurnal ilmiah, telur juga memiliki kandungan kolin di dalamnya, yakni sebuah nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif yang baik. Sehingga dengan mengonsumsi cukup kolin dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Di sisi lain, telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Kandungan Gizi dalam Telur:

Di dalam satubutir telur, kita bisa mendapatkan manfaat gizi sebagai berikut ;

Protein: 6 gram
Lemak: 5 gram
Kalori: 70
Vitamin A: 6% AKG
Vitamin D: 15% AKG
Vitamin B12: 9% AKG
Selenium: 22% AKG

Cara Pengolahan Telur yang Baik dan Nikmat:

Rebus: Rebus telur dalam air mendidih selama sekitar 8-10 menit untuk telur rebus yang sempurna. Telur rebus bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai bahan untuk salad telur.

Goreng: Untuk telur goreng yang lezat, panaskan sedikit minyak atau mentega dalam wajan anti lengket. Pecahkan telur ke dalam wajan dan biarkan hingga putih telur matang dan kuning telur tetap setengah matang.

Omelet: Kocok telur dengan sedikit susu atau air dan tambahkan isiannya seperti sayuran, keju, atau daging cincang. Tuangkan campuran telur ke dalam wajan panas dan masak hingga matang.

Telur Dadar: Telur dadar adalah hidangan sederhana yang cepat dan mudah dimasak. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, kocok hingga rata, dan tuangkan ke dalam wajan panas. Gulung telur dadar dan hidangkan dengan roti atau nasi.

Jumlah Konsumsi Telur

Jumlah makan telur yang baik untuk kesehatan dalam setiap harinya dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan preferensi makanan individu. Namun, berdasarkan panduan diet sehat umum, konsumsi telur secara moderat biasanya dianggap aman dan bermanfaat bagi sebagian besar orang.

Menurut Dietary Guidelines for Americans yang diterbitkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, kebanyakan orang sehat dapat mengonsumsi hingga satu telur setiap hari sebagai bagian dari pola makan seimbang. Ini setara dengan sekitar 7 telur per minggu.

Namun, bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu seperti kolesterol tinggi atau penyakit jantung, mungkin disarankan untuk membatasi konsumsi telur atau konsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan cara memasak telur dan penggunaan bahan tambahan seperti minyak dan mentega. Menggoreng telur dengan minyak atau mentega tambahan dapat menambah jumlah lemak jenuh dan kalori dalam hidangan tersebut.

Namun, mengonsumsi satu telur sehari dalam pola makan seimbang umumnya dianggap aman dan bermanfaat bagi kesehatan, tetapi disarankan untuk memperhatikan kebutuhan khusus dan rekomendasi dari profesional kesehatan yang bersangkutan.

Nah, dengan membaca penjelasan di atas, kita bisa memahami bahwa telur bukan hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dan penting bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi telur secara teratur dan memasaknya dengan cara yang baik dan nikmat, Anda dapat meningkatkan asupan nutrisi harian Anda dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan telur ke dalam menu harian Anda dan eksplorasi berbagai cara untuk menikmatinya dalam hidangan yang beragam!

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Hasil Liga 1 : Persija Menang, Barito Putera Ditahan Rans Nusantara

Dua laga pamungkas pekan ke-31 Liga 1 telah berakhir, dimana Persija sukses meraih kemenangan atas Persis Solo 1-0, sedangkan PS Barito Putera harus puas ditahan imbang Rans Nusantara FC 1-1.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :