Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Ini 5 Alasan Memilih Sekolah Asrama Untuk Anak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perlu diketahui jika jenis sekolah yang ada di Indonesia cukup banyak. Hal ini membuat para orang tua kebingungan dalam memilih sekolah mana yang paling baik untuk anaknya.

Namun, tidak jarang di antara mereka yang kemudian memilih untuk menyekolahkan anaknya di sekolah asrama (boarding school).

Menyekolahkan anak di boarding school berarti orang tua harus siap untuk melepas anaknya mandiri. Pasalnya anak diharuskan untuk tinggal di asrama yang ada di lingkungan sekolah. Meski kondisi ini tidak mudah tetapi banyak keunggulannya.

Nah berikut 5 pertimbangan memilih sekolah untuk anak.

1. Memiliki Tenaga Pendidik yang Berkualitas

Alasan yang pertama yaitu boarding school memiliki tenaga pendidik yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya. Salah satu cara sekolah untuk mendapatkan tenaga pendidik yang berkualitas adalah memiliki aturan dan seleksi yang ketat dalam merekrut guru.

Calon tenaga pendidik yang mendaftar harus siap mengikuti seleksi yang ketat, mulai dari seleksi intelektualitas, kepribadian dan juga berkualitas. Tujuan dari seleksi yang dilakukan agar memilih tenaga pendidik yang benar-benar berkualitas dan berkompeten.

2. Menyediakan Fasilitas Modern yang Lengkap

Biaya pendidikan boarding school lebih mahal dibandingkan sekolah negeri. Namun, biaya mahal yang dikeluarkan sebanding dengan fasilitas yang akan didapatkan. Boarding school menyediakan fasilitas modern yang lengkap, baik itu fasilitas di kelas maupun fasilitas untuk mengembangkan bakat dan minat.

Fasilitas modern yang disediakan akan membantu siswa berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Beberapa fasilitas yang disediakan adalah ruang kelas yang nyaman dan ber AC, perpustakaan, toilet, sarana olahraga, laboratorium dan masih banyak lagi.

3. Lingkungan yang Kondusif

Alasan berikutnya yaitu boarding school memiliki lingkungan yang kondusif sehingga anak bisa lebih fokus dalam belajar. Selain itu, keamanan selama di sekolah dan di asrama sudah terjamin sehingga orang tua tidak perlu khawatir akan keamanan anaknya.

Semua kegiatan atau aktivitas yang dilakukan berada dalam pengawasan guru pendamping asrama sehingga pergaulan siswa bisa terkontrol dengan baik. Asrama untuk putra maupun putri juga dipisah sehingga interaksi diantara keduanya menjadi sangat minim atau terbatas.

4. Anak Menjadi Lebih Mandiri

Ada banyak keunggulan yang akan didapatkan jika anak sekolah di boarding school. Salah satu keunggulannya yaitu anak menjadi lebih mandiri. Tinggal jauh dari orang tua akan menuntut anak untuk menyiapkan semua kebutuhan dan keperluannya sendiri.

Pada awalnya itu tidak mudah tetapi seiring berjalannya waktu anak akan terbiasa untuk mandiri dan jauh dari orang tua. Menariknya lagi, anak juga akan belajar mengelola keuangan pribadi dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

5. Menghindari Kesenjangan Sosial

Alasan terakhir bisa menghindari kesenjangan sosial. Semua siswa yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di sekolah asrama tidak diperbolehkan untuk membawa peralatan elektronik yang tidak mendukung proses pembelajaran maupun kegiatan di asrama.

Kondisi ini bisa menghindari kesenjangan sosial karena siswa yang tinggal di asrama memiliki kesamaan dalam kegiatan maupun makanan yang dikonsumsi. Pihak sekolah juga menyiapkan fasilitas asrama yang sama.

Nah itulah informasi tentang alasan memilih sekolah asrama untuk pendidikan anak. Memilih sekolah terbaik untuk anak itu susah susah gampang. Namun, boarding school menjadi pilihan terbaik dengan berbagai keunggulan yang dimiliki.

Salah satu boarding school yang direkomendasikan adalah SMA Dwiwarna (Boarding School). Sekolah asrama ini dikenal memiliki tenaga pendidik berkualitas, menyediakan banyak kegiatan ekstrakurikuler serta fasilitas modern yang lengkap. Selain itu, juga sudah memiliki akreditasi A dengan nilai 98.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemendikbudristek Berhasil Turunkan Disparitas Akses Pendidikan Selama Satu Dekade

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek berhasil turunkan disparitas akses pendidikan...

Kemendag dan Kemdikbudristek Kembali Buka Program Magang Penggerak Muda Pasar Rakyat 2024

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali membuka program magang bersertifikat Penggerak Muda Pasar Rakyat (PMPR) 2024.

Heru Budi Hartono dan Dinas Kesehatan Pantau Langsung Uji Coba MGB di Sekolah SD Jaksel

Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi Hartono mengunjungi SDN Gunung 01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (3/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru