Hindari 4 Makanan Ini Saat Sahur agar Tidak Lemas saat Puasa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Puasa merupakan ibadah yang penting bagi umat Islam, di mana mereka menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya dari fajar hingga matahari terbenam. Karena itu lah sahur, sangat penting untuk memberikan energi yang cukup untuk menjalankan puasa dengan kuat dan bertenaga sepanjang hari.

Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur agar tetap menjaga kekuatan dan kenyamanan selama berpuasa.

Apa saja sih makanan tersebut?

1. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi seperti makanan gorengan, daging berlemak, dan hidangan berminyak lainnya sebaiknya dihindari saat sahur. Lemak yang tinggi dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, namun lambat dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membuat Sobat Holopis merasa lemas dan tidak bertenaga selama puasa.

2. Makanan Manis Berlebihan

Makanan manis berlebihan, seperti kue, permen, dan minuman bersoda, dapat memberikan lonjakan energi singkat namun diikuti oleh penurunan energi yang drastis. Hal ini dapat membuat kamu merasa lemas dan lesu selama berpuasa.

3. Makanan Berprotein Tinggi

Meskipun protein penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, mengonsumsi makanan berprotein tinggi secara berlebihan saat sahur dapat membuat Anda merasa kenyang berat dan lamban selama puasa. Hindari makanan seperti daging merah berlemak, telur dalam jumlah besar, dan produk susu yang tinggi lemak.

4. Makanan yang Mengandung Kafein Berlebihan

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman energi, sebaiknya dihindari saat sahur. Kafein dapat meningkatkan risiko dehidrasi dengan meningkatkan produksi urine, sehingga dapat membuat kamu merasa kekurangan cairan selama puasa.

Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan gangguan tidur, yang dapat mengurangi energi dan konsentrasi selama berpuasa.

Sobat Holopis sahur dengan apa hari ini?

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

3 Minuman untuk Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Baik untuk kesehatan maupun kenyamanan sosial, Sobat Holopis pasti tidak mau memiliki bau badan. Mengendalikan bau badan adalah hal yang penting.

Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja via Email

Mengirim lamaran kerja adalah langkah krusial dalam mencari pekerjaan. Selain isi dari pesan yang disampaikan, waktu pengiriman juga memiliki peran penting.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Geledah Sejumlah Tempat, KPK Kantongi Uang Dugaan Korupsi di Pemkot Semarang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sejumlah uang terkait dugaan korupsi di Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah. Uang diamankan...