BerandaNewsRagamSejarah Cokelat, Jadi Minuman Hingga Camilan Favorit Masyarakat Dunia

Sejarah Cokelat, Jadi Minuman Hingga Camilan Favorit Masyarakat Dunia

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa sih Sobat Holopis yang tidak suka cokelat? Cokelat telah menjadi salah satu camilan paling dicari di seluruh dunia. Cokelat menjadi simbol kado penuh kasih sayang di hari valentine, dan merupakan salah satu kudapan yang bisa dibilang cukup eksklusif.

Tetapi perjalanan panjang cokelat, mulai dari minuman kuno hingga camilan padat yang kita nikmati hari ini adalah cerita yang menarik dan penuh dengan inovasi sepanjang masa.

Bagaimana sih sejarah ditemukannya cokelat?

Asal Mula : Minuman Pahit Suku Maya dan Aztec

Sejarah cokelat dimulai di Amerika Tengah dan Selatan, di mana suku Maya dan Aztec pertama kali menemukan tanaman buah kakao. Mereka menghargai biji kakao sebagai komoditas berharga dan menggunakannya untuk membuat minuman pahit yang disebut “xocolātl”. Minuman ini dibuat dengan menggiling biji kakao dan mencampurnya dengan air, sering kali dengan tambahan bahan seperti cabe, vanili, atau madu.

Cokelat Tiba di Eropa : Eksklusifitas dan Kemegahan

Pada abad ke-16, bangsa Eropa, khususnya bangsa Spanyol, menemukan minuman cokelat yang unik ini selama penjelajahan Dunia Baru. Awalnya, cokelat dianggap sebagai minuman eksklusif dan hanya dinikmati oleh kalangan elit di Eropa. Namun, popularitasnya mulai meningkat di seluruh Eropa.

Inovasi dalam Produksi : Dari Minuman ke Bentuk Padat

Pada abad ke-19, proses pemurnian cokelat mulai dikembangkan di Eropa, memungkinkan rasa cokelat yang lebih enak dan disukai oleh lebih banyak orang. Pada saat yang sama, mesin pemrosesan cokelat ditemukan, memungkinkan produksi massal cokelat untuk pertama kalinya. Inovasi ini membuka jalan bagi cokelat untuk menjadi camilan padat yang lebih mudah dinikmati dan disebarkan.

Cokelat Susu : Penemuan Henri Nestlé

Pada abad ke-19 juga, seorang ahli kimia Swiss bernama Henri Nestlé mengembangkan teknik untuk mengeringkan susu dan mencampurkannya dengan bubuk cokelat. Ini menciptakan cokelat susu yang kita kenal dan cintai hari ini. Penemuan ini memperluas pasar cokelat secara signifikan, menjadikannya lebih umum di rumah tangga.

Perkembangan Modern: Industri Cokelat Global

Seiring berjalannya waktu, cokelat telah menjadi salah satu produk makanan dan minuman paling populer di dunia. Berbagai varietas dan bentuk cokelat telah dikembangkan, termasuk batangan cokelat, truffle, kue, dan minuman cokelat panas. Industri cokelat global berkembang pesat, dengan perusahaan-perusahaan besar yang mengkhususkan diri dalam produksinya.

Sobat Holopis suka cokelat tidak?

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Kecelakaan Kereta Gantung di Turki, 1 Orang Tewas

Sebuah kecelakaan maut terjadi di Turki. Pasalnya, kereta gantung yang ada di bukit Tunektepe, provinsi Antalya, Turki mengalami kecelakaan.

TERPOPULER

Lirik dan Terjemahan Lagu M.I.A – Avenged Sevenfold

HOLOPIS.COM, JAKARTA - M.I.A atau Missing In Action merupakan lagu yang dipopulerkan oleh band heavy metal asal Amerika Serikat, Avenged Sevenfold. Diketahui, lantunan tersebut dirilis...

Rekomendasi :