BerandaPolhukamRengiatMK Gelar Sidang Perdana Sengketa Hasil Pilpres 2024 Besok

MK Gelar Sidang Perdana Sengketa Hasil Pilpres 2024 Besok

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) akan memulai sidang perdana dalam perkara sengketa atau perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 pada Rabu (27/3) besok.

Juru Bicara MK, Fajar Laksono menyatakan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk dua sidang perkara sengketa hasil pilpres yang diajukan oleh paslon nomor urut 01, Anies-Muhaimin dan paslon nomor urut 03, Ganjar-Mahfud sebagai pemohon.

“Besok pemeriksaan pendahuluan, agendanya menyiapkan permohonan pemohon. Jadi pemohon menyampaikan pokok-pokok permohonannya dalam sidang besok,” kata Fajar dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (26/3).

Fajar menjelaskan, bahwa sidang untuk kedua perkara tersebut akan dilakukan secara terpisah, dimana sidang permohonan Anies-Muhaimin akan dimulai lebih dulu pada pukul 08.00 WIB. Setelahnya baru sidang permohonan Ganjar-Mahfud yang akan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain para pemohon beserta kuasa hukum dan saksi masing-masing, MK juga mengundang pihak terkait, dalam hal ini adalah paslon nomor urut 02 Prabowo-Gibran.

“Semuanya, semua pihak itu sudah kita undang. Sudah kita panggil,” tandas Fajar.

Adapun untuk jadwal sidang perdana PHPU Pilpres 2024 ini telah termaktub dalam lampiran Peraturan MK (PMK) No. 1/2024 tentang Tahapan, Kegiatan, dan Jadwal Penanganan Perkara PHPU Anggota DPR, DPD, DPRD, serta Pilpres.

“Pemeriksaan pendahuluan. Memeriksa kelengkapan dan kejelasan materi permohonan serta memeriksa dan mengesahkan alat bukti pemohon, 27 Maret 2024,” demikian bunyi beleid tersebut.

Adapun untuk jadwal pengucapan putusan/ketetapan PHPU Pilpres telah dijadwalkan oleh MK pada Senin, 22 April 2024 mendatang.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

KSPI dan Partai Buruh Demo Besar-besaran Besok, Tolak Gelombang PHK Industri Tekstil

Said Iqbal mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran untuk menyikapi gelombang PHK yang terjadi di industri tekstil beberapa bulan terakhir ini.

GEBRAK Bakal Aksi 27 Juni, Tolak TAPERA

Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) akan menggelar demo menolak Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (UU Tapera). Mereka menilai program Tapera tak sesuai kebutuhan rumah bagi kaum buruh.

Buruh Bakal Demo ‘Geden’ 27 Juni, Tuntut Tapera Dicabut Selamanya

Kalangan buruh dikabarkan bakal melangsungkan aksi demo besar-besaran dalam rangka menolak kebijakan program tabungan perumahan rakyat (Tapera) di Istana Negara, Jakarta, pada 27 Juni 2024 mendatang.

50 Ribu Buruh Bakal Gelar May Day Fiesta 1 Mei 2024, Titik Aksi Istana dan Istora

KSPI dan Partai Buruh akan menggelar aksi damai May Day Fiesta di Jakarta. 50 ribu buruh diklaim akan terlibat di dalam aksi 1 Mei 2024 tersebut.

Sejumlah Demo Berlangsung di Jakarta Besok

Sejumlah aksi demo terkait dengan hasil Pemilu 2024, akan berlangsung pada Senin (18/3) di sekitaran kawasan Jakarta Pusat yang dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat.

Aksi di KPU : Massa Desak Ketua KPU dan Bawaslu Dipecat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Proses rekapitulasi berjenjang sampai dengan saat ini masih berlangsung, baik di tingkat Provinsi maupun yang di tingkat nasional dan digelar di...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS