Luhut Hanya Butuh 20 Menit untuk Atasi Utang Migor yang Nunggak 2 Tahun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya angkat bicara terkait persoalan utang rafraksi minyak goreng (migor) ke pengusaha yang sampai saat ini tak kunjung dibayarkan oleh pemerintah.

Luhut menekankan, bahwa pemerintah berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan tersebut, dengan melunasi utang migor yang total nilainya mencapai Rp 474,8 tersebut.

“Kita harus menuntaskan (permasalahan) mengenai rafaksi minyak goreng ini. Ini sudah diaudit sama BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) dan tidak ada isu sepertinya. Kita harus segera menyelesaikan ini, sehingga pedagang tidak mengalami kerugian,” tutur Luhut dalam keterangannya, Senin (25/3) yang dikutip Holopis.com.

Luhut menyampaikan, bahwa dirinya sempat kaget dengan kabar pemerintah yang terhitung sudah menunggak utang hingga 2 tahun. Namun dalam penyelesaiannya, kata dia, hanya membutuhkan swaktu 20 menit.

“Gila ya, dua tahun ya. Kita hanya rapat 20 menit, selesai nasib orang dua tahun,” sebutnya.

Lebih lanjut, Luhut lantas meminta kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan membayarkan utang yang menunggak sejak minyak goreng mengalami kelangkaan pada tahun 2022 itu.

“Jadi BPDPKS akan segera membayarkan sejumlah Rp 475 miliar kepada pedagang-pedagang yang dulu membantu kelangkaan minyak goreng,” pinta Luhut.

Luhut dengan tegas berpesan, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang. “Dan saya tadi pesan ke pejabat-pejabat lain tidak boleh hal semacam ini terjadi lagi ke depannya,” tandas Luhut.

Sebagai informasi, utang rafraksi minyak goreng ini bermula ketika terjadi kelangkaan minyak goreng pada tahun 2022 lalu, dimana pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengeluarkan aturan yang bertujuan untuk menyelesaikan persoalan kelangkaan tersebut.

Aturan tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Penyediaan Minyak Goreng Kemasan untuk Kebutuhan Masyarakat dalam Kerangka Pembiayaan Oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit.

Adapun dalam aturan ditandatangani oleh Menteri Perdagangan (Mendag) sebelumnya, yakni Muhammad Lutfi tersebut, meminta pengecer untuk menjual minyak goreng dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14 ribu per liter.

Padahal harga minyak goreng di pasaran pada saat itu jauh di atas HET, yakni berkisar Rp 17 ribu sampai Rp 20 ribu per liter. Namun pemerintah menjanjikan, bahwa selisih dari harga tersebut akan dibayar penuh oleh pemerintah.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Gubrak! Satgas Amankan Barang Impor Ilegal Senilai Rp 40 Miliar

Satuan Tugas atau Satgas Barang Impor Ilegal mengungkap hasil kerjanya setelah resmi dibentuk pada pekan lalu. Hasil kinerja itu diungkap oleh Mendag, Zulkifli Hasan.

Wamendag Jerry Dorong Perluasan Pasar ke Rusia

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga terus mendorong perluasan pasar produk-produk Indonesia ke negara di luar Asia, seperti Rusia.

Luhut Sesumbar Negara Bisa Kantongi Rp 10 Triliun Usai Timah dan Nikel Masuk Simbara

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengaku yakin, negara biasa mendapatkan pemasukan lebih banyak setelah masuknya komoditas timah dan nikel ke Sistem Informasi Mineral dan Batubara Kementerian/Lembaga (Simbara).

Akhirnya Satgas Impor Ilegal Resmi Dibentuk, Efektif Kerja Pekan Depan

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan meresmikan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor atau Satgas Impor Ilegal.

Peringati Hari Game Nasional, Pemerintah Siap Promosikan 8 Game Karya Anak Bangsa

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan membantu sejumlah game nasional yang merupakan karya pengembang game di Tanah Air.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...