BerandaNewsEkobizSri Mulyani Kasih Paham soal Anggaran Perlinsos Rp496 Triliun

Sri Mulyani Kasih Paham soal Anggaran Perlinsos Rp496 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kembali memberikan penjelasan terkait anggaran perlindungan sosial (perlinsos) yang sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Sri Mulyani menegaskan, anggaran perlinsos 2024 yang sebesar Rp 496,8 triliun tersebut bukanlah anggaran yang digunakan untuk membiayai seluruh program-program bantuan sosial (bansos).

“Saya ingin menyampaikan realisasi perlindungan sosial dan ini yang sering muncul terutama di media sosial kayaknya menjadi pembahasan banget,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa edisi Maret 2024, Senin (25/3), yang dikutip Holopis.com.

“Seperti kita sampaikan waktu kita menyampaikan APBN 2024 ini, anggaran perlinsos tahun ini mencapai Rp 496,8 triliun perlinsos bukan bansos ya, perlindungan sosial,” tegasnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Adapun perlinsos tersebut, terang Sri Mulyani, sebagian dialokasikan untuk Kementerian Sosial (Kemensos), dengan porsi sebesar Rp 75,6 triliun. Anggaran tersebut di antaranya digunakan untuk kartu sembako, PKH, asistensi rehabilitasi sosial.

“Kemarin juga saya dengar bahwa Kementerian Sosial di DPR menyampaikan bahwa untuk Kementerian Sosial hanya bertanggung jawab Rp 75,6 triliun itu memang untuk program kartu sembako, PKH, asistensi rehabilitasi sosial terutama untuk lansia dan lain-lain,” jelasnya.

Selain untuk Kemensos, Kementerian Keuangan juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 30 triliun untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Alokasi itu, kata Sri Mulyani, antara lain digunakan untuk Program Indonesia Pintar (PIP) dan Program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Lebih lanjut, sebanyak Rp 49 triliun dari total anggaran perlinsos juga dialokasikan untuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk membiayai program PBI JKN. Berikutnya, untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Rp 10,7 triliun.

Sedangkan sebanyak Rp 330 triliun sisanya, diantaranya digunakan untuk subsidi energi, non energi hingga antisipasi penanggulangan bencana.

“Jadi untuk supaya masyarakat mungkin ya banyak yang menanyakan Rp 496,8 triliun, Rp 75,6 triliun memang Kemensos yang melakukan sementara sisanya ada di beberapa kementerian lembaga dan subsidi yang cukup besar dalam bentuk barang listrik, LPG, BBM pupuk dan kredit usaha, dan kredit perumahan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS