BerandaIslampadRamadan5 Penyebab Puasa Ramadanmu Batal

5 Penyebab Puasa Ramadanmu Batal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Puasa adalah salah satu kewajiban penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadan. Namun, ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa dan mengharuskan seseorang untuk mengqadha puasanya atau membayar fidyah.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasa berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW.

1. Makan dan Minum
Salah satu hal yang paling jelas membatalkan puasa adalah makan dan minum secara sengaja. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

“Maka sekarang, berpuasalah kamu sampai terang bagimu malam dari terbit fajar, kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (Q.S. Al-Baqarah: 187)

Penerbit Iklan Google Adsense

Pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang lupa dan terus makan atau minum, hendaklah ia menyempurnakan puasanya karena sesungguhnya Allah yang memberi makan dan minum kepadanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Hubungan Intim
Berhubungan intim dengan pasangan juga merupakan tindakan yang membatalkan puasa. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu selalu berkhianat kepada diri kamu sendiri, lalu Dia menerima taubatmu dan memberi ampun kepada kamu. Oleh itu, sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untuk kamu, dan makan minumlah sehingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (Q.S. Al-Baqarah: 187)

3. Muntah dengan Sengaja
Muntah dengan sengaja, baik itu karena makanan atau pun yang lainnya, juga dapat membatalkan puasa. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang muntah dengan sengaja, maka hendaklah ia mengqadha puasanya, dan barangsiapa yang muntah tanpa sengaja, maka dia tidak harus mengqadha.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

4. Menelan Benda Asing dengan Sengaja
Menelan benda asing secara sengaja, termasuk tanpa disadari seperti debu besar atau serpihan makanan, juga dapat membatalkan puasa. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menelan muntahannya, maka hendaklah dia mengqadha puasanya.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

5. Menstruasi atau Nifas bagi Wanita
Wanita yang sedang menstruasi atau nifas tidak diwajibkan berpuasa. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

“Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: ‘Haidh itu adalah kotoran’. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh itu dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Maka apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu pada waktu yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (Q.S. Al-Baqarah: 222)

Dengan demikian, menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa merupakan bagian penting dari menjaga kualitas ibadah puasa. Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk memahami dan menghindari hal-hal tersebut agar ibadah puasanya diterima oleh Allah SWT.

Dengan memperhatikan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW, umat Islam dapat memahami hal-hal yang dapat membatalkan puasa dan menghindarinya selama bulan Ramadan.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.

551.876 Kendaraan Sudah Mudik dari Jabotabek

PT Jasa Marga mencatat adanya peningkatan kendaraan di sejumlah ruas jalan tol. Aktivitas lalu lintas ini terjadi sejak H-7 sampai dengan H-5 Lebaran. Tercatat 551.876 kendaraan yang meninggalkan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek).

Adara Hadirkan Edukasi Palestina di 250 Titik di Seluruh Indonesia

Adara menghadirkan edukasi Palestina di lebih dari 257 titik melalui program Kolaborasi Kebaikan (KOLAK) Ramadan di seluruh Indonesia.

Adara Salurkan Bantuan Ramadan Kepada 8 Ribu Lebih Keluarga di Palestina

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama bulan suci Ramadan 1445 H, Adara bersama mitra dan komunitas Adara telah mengirimkan bantuan ke berbagai wilayah di Palestina. Total...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS