Categories: Pilkada

Langkah Ridwan Kamil Maju Pilkada Jabar atau Jakarta Ditentukan Juni Nanti

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengatakan, bahwa langkahnya untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat atau DKI Jakarta akan ditentukan pada Juni 2024 mendatang.

“Pemilihan umum akan dilakukan pada November, kampanye akan dimulai pada September, pendaftaran pada Agustus, perjodohan dan PDKT pada Juni,” kata Ridwan Kamil dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (23/3).

Adapun untuk saat ini, pria yang akrab disapa Kang Emil itu sedang fokus meningkatkan elektabilitasnya. Sehingga jika nanti dipasangkan dengan siapa pun akan terjadi keselarasan yang lebih mudah.

“Dari sekarang hingga bulan Juni, saya akan meningkatkan elektabilitas agar saat melakukan PDKT dengan siapa pun nyambung,” ujarnya.

Hingga saat ini, ia mengaku belum ada pihak yang mendekatinya, termasuk dari partai-partai yang mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pilpres 2024.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk menunda terlebih dahulu pembahasan mengenai bursa Kepala Daerah, guna menurunkan tensi politik pasca Pemilu 2024.

“Tidak ada pendekatan yang dilakukan hingga saat ini. Masih jauh waktu pelaksanaannya. Mari kita turunkan sedikit tensinya terlebih dahulu, karena masih cukup jauh,” tandas Kang Emil.

Terkait dengan potensi kelanjutan koalisi Prabowo-Gibran di Pilkada, Emil mengatakan hal tersebut ideal karena hubungan antar pimpinan partai telah terbentuk, ekosistem juga telah terbangun.

Namun ia mengakui, bahwa memang tidak sepenuhnya semua akan berlajalan secara matematis.

“Memang idealnya begitu. Kalau ternyata kesempatan pilkada juga ada pasangan yang kuat dan menjanjikan dalam koalisi 02, tentunya menjadi pilihan utama. Walaupun dari pengalaman koalisi pusat dengan daerah tidak selalu sebangun karena pilkada kan figur,” tuturnya.

“Nah figurnya kadang-kadang datang dari partai-partai yang bukan koalisi, tapi kalau bisa dari koalisi itu tentunya lebih baik,” sambungnya.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

KSAU Bahas Potensi Kerja Sama Militer Dengan Turki

KSAU Marsekal TNI Tonny Harjono melakukan pertemuan dengan pimpinan pertahanan udara pemerintah Turki, General Ziya…

15 menit ago

Cindra Masih Pertimbangkan Laporkan Hasyim Asyari ke Polisi

Kuasa hukum Cindra Aditi Tejakinkin, Aristo Pangaribuan mengatakan bahwa kliennya masih mempertimbangkan untuk melanjutkan kasus…

30 menit ago

Lirik dan Terjemahan Lagu Avenged Sevenfold – Wish You Were Here

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Wish You Were Here jadi salah satu lagu hits milik grup band…

45 menit ago

Lirik Lagu Kalung Emas – Didi Kempot, Berikut Terjemahannya

Lagu Kalung Emas menjadi salah satu karya mendiang Didi Kempot yang populer sepanjang masa.

60 menit ago

Jokowi Full Senyum Tanggapi Pencalonan Kaesang Pangarep

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mulai terlihat santai dalam menanggapi wacana pencalonan Kaesang Pangarep di Pilkada…

1 jam ago

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini,…

1 jam ago