BerandaNewsEkobizDuh! Rp6,68 Triliun Modal Asing Minggat dari RI Selama Sepekan

Duh! Rp6,68 Triliun Modal Asing Minggat dari RI Selama Sepekan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat modal asing mengalir keluar dari pasar keuangan domestik selama sepekan ini, atau selama periode 18-21 Maret 2024 mencapai Rp6,68 triliun.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, aliran modal asing yang keluar pada pekan ketiga Maret 2024 ini paling banyak berasal dari pasar Surat Berharga Negara (SBN).

“Berdasarkan data transaksi 18-21 Maret 2024, nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat jual neto Rp6,68 triliun terdiri dari jual neto Rp8,20 triliun di pasar SBN, beli neto Rp1,77 triliun di pasar saham, dan jual neto Rp0,25 triliun di SRBI,” ucap Erwin dalam keterangan tertulis yang dikutip Holopis.com, Sabtu (23/3).

Sementara sepanjang tahun 2024 ini, berdasarkan data setelmen hingga 21 Maret 2024, aliran modal asing yang keluar di pasar SBN tercatat mencapai Rp24,92 triliun.

Penerbit Iklan Google Adsense

Di sisi lain, total dana asing yang masuk melalui pasar saham pada periode yang sama mencapai Rp27,93 triliun, dan aliran beli neto Rp21,93 triliun di SRBI.

Adapun premi credit default swap (CDS) Indonesia 5 tahun per 21 Maret 2024 sebesar 69,70 basis poin (bps). Ini naik dibandingkan per 15 Maret 2024 sebesar 68,23 bps.

Sementara imbal hasil (yield) SBN tenor 10 tahun naik ke 6,63 persen. Sedangkan yield US treasury dengan tenor sama juga naik ke level 4,26 persen.

“Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS