BerandaNewsEkobizBI Catat Uang Beredar saat Pemilu 2024 Capai Rp 8.739,6 Triliun

BI Catat Uang Beredar saat Pemilu 2024 Capai Rp 8.739,6 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Februari 2024, yang berbearengan pada pelaksanaan Pemilu 2024 mencapai Rp 8.739,6 triliun, atau tumbuh 5,3 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Namun menurut Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, pertumbuhan ini sedikit melambat bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,4 persen yoy.

“Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Februari 2024 tumbuh positif,” kata Erwin dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (23/3).

Erwin menjelaskan, perkembangan tersebut didorong oleh pertumbuhan uang beredar sempit (M1) yang sebesar 5,2 persen yoy dan uang kuasi sebesar 5,3 persen yoy.

Penerbit Iklan Google Adsense

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat Asisten Gubernur BI itu menyampaikan, bahwa perkembangan M2 pada Februari 2024 terutama dipengaruhi oleh perkembangan penyaluran kredit yang tumbuh sebesar 11,0 persen yoy.

“(Perkembangan penyaluran kredit ini) relatif terjaga dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 11,5 persen yoy,” tuturnya.

Adapun untuk aktiva luar negeri bersih tumbuh sebesar 2,3 persen (yoy), setelah tumbuh sebesar 4,8 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

“Sementara itu, tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat (Pempus) terkontraksi sebesar 1,0 persen (yoy), setelah tumbuh sebesar 1,9 persen (yoy) pada Januari 2024,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS