BerandaHistoryHari Internasional untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial, 21 Maret : Begini Sejarahnya

Hari Internasional untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial, 21 Maret : Begini Sejarahnya

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Internasional untuk Penghapusan untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial diperingati pada 21 Maret di setiap tahunnya.

Adanya peringatan Hari Internasional untuk Penghapusan untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial tersebut bertujuan untuk memberikan penghormatan terhadap 69 pengunjuk rasa yang damai di Sharpeville, Afrika Selatan.

Mengingat, kala itu ada insiden penembakan yang dilakukan anggota kepolisian terhadap para pengunjuk rasa ketika memprotes undang-undang izin apartheid.

Apertheid itu sendiri adalah sistem pemisahan ras, agama, dan kepercayaan, diskriminasi etis dan pemisahan kelas sosial, di mana kelompok mayoritas mendominasi kelompok minoritas.

Atas dasar hal tersebut, pada tahun 1966 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memproklamirkan Hari Internasional Penghapusan Diskriminasi Rasial di tanggal 21 Maret.

Sejarah Hari Internasional untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial

Akar rasisme bisa ditelusuri dalam sejarah Amerika Serikat. Pada tahun 1500an di negeri Paman Sam tersebut, kata ras digunakan untuk melakukan identifikasi orang, dan memberikan mereka hak istimewa atau menindas dalam beberapa hal.

Ras juga pada masa itu dibenarkan untuk melakukan kerja paksa. Pada tahun 1550 hingga 1660an, istilah kulit putih mengacu pada hak istimewa para wanita elit asal Inggris.

Kemudian di tahun 1600, akar perbudakan masyarakat Afrika-Amerika dimulai ketika orang Afrika ditangkap dan dibawa ke Amerika untuk kerja paksa.

Pada tahun 2023, PBB fokus pada urgensi dalam memerangi rasisme dan diskriminasi ras, 75 tahun setelah mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR).

Hingga saat ini, diskriminasi ras masih terus diperjuangkan. Hasil dari perjuangan yang sudah cukup lama digencarkan tersebut sudah mulai bisa terlihat dari semakin banyak komplok yang percaya dengan inklusivitas.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Festival Kuliner Pecinan di Mal Ciputra Jakarta Pas Buat Pecinta Makanan Non Halal

Festival Kuliner Pecinan hadir di Mal Ciputra Jakarta, mulai tanggal 17 - 21 April 2024. Acara tersebut, merupakan hasil kerja sama antara Mal Ciputra jakarta dengan Jangkrik Kuliner.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :