IHSG Dibuka Cerah di Zona Hijau, Menguat 0,25 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat naik 18,08 poin atau 0,25 persen ke posisi 7.320,53 pada awal perdagangan sesi I hari ini, Selasa (19/3)

Berdasarkan data perdagangan yang dihimpun Holopis.com pada pukul 09.10 WIB, IHSG bergerak di rentang 7.314 – 7.329, seiring dengan penjualan 251,59 juta lembar saham pada perdagangan sesi pertama ini, dengan nilai Rp 221,8 miliar.

Adapun pada menit-awal perdagangan sesi I, tercatat sebanyak 169 saham yang diperdagangkan mencatatkan kenaikan, kemudian 115 saham mengalami koreksi, sementara 226 saham lainnya belum mengalami perubahan alias stagnan.

Di awal perdagangan sesi I, terdapat sejumlah saham yang memberikan kenaikan tajam dan masuk dalam jajaran top gainers. Sejumlah saham tersebut diantaranya:

  • PT Grahaprima Suksesmandiri Tbk (GTRA) melejit 16 persen
  • PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR) meningkat 9,6 persen
  • PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) meningkat 6,7 persen
  • PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) naik 4,9 persen
  • PT Ace Oldfields Tbk (KUAS) menguat 3,7 persen.

Proyeksi IHSG Hari Ini

IHSG hari ini masih berpeluang untuk menguat pada perdagangan Selasa (19/3), setelah ditutup lesu 0,35 persen ke level 7.302,449 pada perdagangan Ssnin (18/3) kemarin.

Menurut analisa perusahaan efek Phintraco Sekuritas, IHSG pada perdagangan hari ini bergerak pada resistance 7.375 dan pivot 7.350. Phintraco melihat, IHSG hari ini cukup rawan untuk menguji support baru di kisaran 7.275.

“IHSG hari ini rawan menguji support baru di kisaran 7.275,” tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya, Selasa (19/3).

Senada, tim analis dari perusahaan efek MNC Sekuritas juga menyebutkan IHSG berpeluang menguat untuk menguji 7.500 – 7.617. Dimana IHSG hari ini bergerak ke rentang area 7.219 – 7.238.

“Level support 7.238, 7.197, sedangkan level resistan 7.444, 7.492,” papar tim analis MNC Sekuritas.

Adapun laju IHSG di hari ini dipengaruhi sentimen kebijakan suku bunga acuan, terutama kebijakan dari Bank Indonesia dan The Fed.

“Pasar berharap adanya konfirmasi pemangkasan suku bunga acuan dalam beberapa FOMC mendatang,” tulis Phintraco.

Adapun untuk rekomendasi sahamnya, Phintraco memberikan top picks saham yakni INKP, UNVR, MYOR, ERAA, EXCL dan BFIN. Sedangkan rekomendasi saham dari MNC Sekurtitas antara lain BBCA, ASSA, ELSA dan SIDO.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

IHSG Jelang Akhir Pekan Tak Menentu, Perhatikan Saham-saham Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bakal menguat terbatas pada perdagangan terakhir pekan ini, Jumat (26/7). Hal itu terlihat dari pergerakan IHSG pada perdagangan Kamis (25/7) kemarin.

Peluang IHSG Perkasa Cukup Kuat, Efek Biden ‘Surren’ Masih Dicerna Pasar

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpeluang melanjutkan penguatan, meski masih dibayangi oleh koreksi mayoritas indeks global pada Selasa (23/7) kemarin.

IHSG Terjun Bebas ke Zona Merah, Gegara GOTO?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) harus terjun bebas ke zona merah pada penutupan perdagangan Selasa (23/7), dengan pelemahan sebesar 0,11 persen.

Sejarah GoTo, dari Startup Menuju Raksasa Teknologi Indonesia

Jika berbicara tentang sejarah PT GoTo Gojek-Tokopedia Tbk, tidak terlepas berawal dari dua perusahaan rintisan (startup) Indonesia yang sangat fenomenal di awal kemunculannya, yakni Gojek dan Tokopedia.

Bikin Kaget! Saham GOTO Tiba-tiba Melesat 10 Persen

Pasar dikagetkan dengan pergerakan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang mendadak mengalami kenaikan siginifikan pada sesi I perdagangan hari ini, Selasa (23/7).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...