BerandaNewsKesehatanTips Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi Saat Puasa

Tips Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi Saat Puasa

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim di seluruh dunia. Saat menjalani puasa, tubuh akan mengalami perubahan dalam kebutuhan cairan, sehingga menjaga tubuh tetap terhidrasi menjadi sangat penting.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjaga keseimbangan cairan tubuh selama berpuasa.

1. Konsumsi Air Secukupnya saat Berbuka dan Sahur
Penting untuk memulai dan mengakhiri puasa dengan minum air dalam jumlah yang cukup. Ketika berbuka, pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang mencukupi untuk mengganti cairan yang hilang selama puasa. Sama pentingnya, sahur juga harus diiringi dengan minum air agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Hindari Minuman Berkafein dan Berkarbonasi
Minuman seperti kopi, teh, dan minuman bersoda dapat memiliki efek diuretik, yang berarti mereka dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi. Sebaiknya hindari minuman-minuman tersebut selama bulan puasa, atau konsumsi dalam jumlah yang terbatas.

3. Pilih Makanan yang Mengandung Air Tinggi
Makanan yang mengandung air tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran segar, dapat membantu tubuh mendapatkan cairan tambahan selama puasa. Buah-buahan seperti semangka, melon, dan jeruk, serta sayuran seperti timun dan selada, sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Asin dan Pedas
Makanan asin dan pedas cenderung membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan melalui proses pencernaan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut saat sahur dan berbuka, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

5. Perhatikan Tanda-tanda Dehidrasi
Selama puasa, penting untuk memperhatikan tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, penurunan produksi urine, kelelahan, atau sakit kepala. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, segera minum air putih dalam jumlah cukup dan istirahat.

6. Jaga Aktivitas Fisik Tetap Moderat
Aktivitas fisik yang berlebihan dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Selama bulan puasa, pastikan untuk menjaga aktivitas fisik tetap moderat dan hindari beraktivitas di bawah terik matahari.

7. Gunakan Pakaian yang Tepat
Pakaian yang terlalu tebal atau ketat dapat meningkatkan risiko kelebihan panas dan dehidrasi. Pilihlah pakaian yang longgar dan berbahan breathable agar tubuh tetap nyaman dan terhindar dari overheating.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Kecelakaan Kereta Gantung di Turki, 1 Orang Tewas

Sebuah kecelakaan maut terjadi di Turki. Pasalnya, kereta gantung yang ada di bukit Tunektepe, provinsi Antalya, Turki mengalami kecelakaan.

TERPOPULER

Lirik dan Terjemahan Lagu M.I.A – Avenged Sevenfold

HOLOPIS.COM, JAKARTA - M.I.A atau Missing In Action merupakan lagu yang dipopulerkan oleh band heavy metal asal Amerika Serikat, Avenged Sevenfold. Diketahui, lantunan tersebut dirilis...

Rekomendasi :