Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Penderita Maag Jangan Khawatir, Ini Tips Agar Puasa Tetap Nyaman

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bagi sebagian orang yang menderita maag, menjalankan ibadah puasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Gangguan pada lambung seperti maag dapat memperburuk kondisi saat berpuasa karena peningkatan asam lambung yang dapat menyebabkan nyeri, mual, atau bahkan muntah.

Namun, Sobat Holopis jangan khawatir, dengan beberapa perubahan kecil dalam pola makan dan gaya hidup, penderita maag dapat tetap menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan lancar. Ini dia tips yang bisa membantu para penderita maag menjalankan ibadah puasa.

1. Perhatikan Pola Makan Sehari-hari

Sebelum memulai puasa, pastikan untuk makan sahur yang seimbang dan mengandung nutrisi yang cukup. Hindari makanan yang pedas, berlemak, atau asam yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung.

Pilih makanan yang mudah dicerna seperti oatmeal, roti gandum, atau buah-buahan. Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi seperti kopi, teh, dan minuman bersoda, karena dapat merangsang produksi asam lambung.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Memicu Gejala

Ketahui makanan dan minuman yang memicu gejala maag pada diri dan hindari konsumsinya selama bulan puasa. Contohnya, makanan pedas, gorengan, makanan berlemak, serta minuman berkafein atau berkarbonasi sering kali dapat memperburuk kondisi maag.

3. Perhatikan Waktu Makan dan Minum

-Jeda antara waktu berbuka dan sahur harus cukup panjang untuk memberi istirahat pada lambung. Hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu, dan pecah makan menjadi beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi tekanan pada sistem pencernaan.

Pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup antara waktu berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi, tetapi hindari minum terlalu banyak sekaligus agar tidak memicu peningkatan produksi asam lambung.

4. Tetap Jaga Pola Hidup Sehat

Selain pola makan, tidur yang cukup dan olahraga ringan juga dapat membantu mengurangi gejala maag. Usahakan untuk tidur cukup setiap malam dan hindari begadang.

Hindari stres dan situasi yang membuat Sobat Holopis cemas, karena stres dapat memperburuk gejala maag. Luangkan waktu untuk beristirahat dan melakukan aktivitas yang menyenangkan selama bulan puasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan terus jaga kesehatan ya, Sobat Holopis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru