BerandaNewsRagam4 Efek Samping Demo saat Ramadan, Bisa Susahkan Orang Lain

4 Efek Samping Demo saat Ramadan, Bisa Susahkan Orang Lain

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bulan Ramadan adalah waktu yang sakral dan suci bagi umat Islam di seluruh dunia, di mana praktik ibadah, introspeksi, dan pembersihan spiritual menjadi fokus utama.

Namun, fenomena ada saja beberapa pihak yang memutuskan untuk melakukan demonstrasi ketika umat muslim lainnya sibuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan, di bulan suci Ramadan.

Melakukan kegiatan yang menguras tenaga seperti demo di tempat umum pada bulan Ramadan, dapat membawa sejumlah dampak negatif yang melampaui sekadar gangguan fisik, melainkan juga mengurangi nilai spiritual dan kesejahteraan sosial.

Ini dia dampak negatif yang bisa didapatkan jika demo ketika bulan suci Ramadan.

Penerbit Iklan Google Adsense

1. Gangguan terhadap Jalan dan Ketentraman Publik

Demonstrasi yang terjadi selama bulan Ramadan seringkali memicu gangguan lalu lintas yang signifikan dan menimbulkan kerumunan massa di sekitar tempat demonstrasi. Hal ini dapat mengganggu ketenangan publik serta menghambat mobilitas orang-orang yang hendak menjalankan ibadah atau kegiatan sehari-hari, belum lagi menghalangi orang dalam perjalanan beribadah.

2. Bisa Mengurangi Pahala

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah di mana umat Islam berusaha untuk meningkatkan amal ibadah mereka. Namun, terlibat dalam demonstrasi yang menghabiskan waktu dan energi bisa mengurangi kesempatan untuk melaksanakan ibadah dengan sepenuh hati, seperti salat, membaca Al-Quran, dan melakukan amal kebajikan lainnya, yang berpotensi mengurangi pahala yang diperoleh selama bulan Ramadan.

3. Efek Negatif pada Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan

Aktivitas demonstrasi yang berlangsung di bawah terik matahari dan seringkali dalam keadaan lapar dan haus karena puasa dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan rentan terhadap kelelahan. Bahkan, beberapa peserta demonstrasi mungkin mengalami pingsan atau masalah kesehatan serius lainnya, yang tidak hanya membahayakan diri mereka sendiri tetapi juga menimbulkan kekhawatiran bagi petugas medis yang harus menangani mereka.

4. Menyusahkan Orang Lain

Demonstrasi yang berlangsung di sekitar tempat-tempat ibadah seperti masjid atau pusat keagamaan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi umat Islam yang hendak melaksanakan ibadah di tempat tersebut. Suara keras, kerumunan massa, dan kekacauan yang mungkin terjadi bisa mengganggu kekhusyukan dalam beribadah dan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Sobat Holopis, yuk jalani bulan suci Ramadan dengan kebaikan dan ibadah.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini, Bakal Dilanda Hujan Badai Lagi?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Kamis 4 Juli 2024.

Tips dan Trik Punya Bulu Mata Lentik Tanpa Penjepit dan Maskara

Bagi Sobat Holopis yang memiliki bulu mata panjang namun kurang lentik, jangan khawatir, adabeberapa cara alami yang bisa Sobat Holopis coba.

Pemprov DKI Pamerkan Model Penataan Kawasan Permukiman Vertikal Kepada Delegasi Kota Dunia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Dalam rangka merealisasikan model penataan kawasan permukiman yang berlandaskan skema kota berkelanjutan, Pemprov DKI Jakarta bersama stakeholder terkait meresmikan Rumah Barokah...

5 Rekomendasi Destinasi Liburan Keluarga Sebelum Masuk Sekolah

Tidak terasa sebentar hari libur sekolah hampir berakhir. Mulai pertengahan Juli nanti, anak-anak sudah mulai masuk sekolah dan akan membaut orang tua Kembali sibuk. Namun masih ada waktu untuk keluarga yang ingin berlibur bersama sebelum Kembali memulai aktivitas.

Gibran Sebut Prabowo Sehat Wal Afiyat Usai Dioperasi

Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kondisi terkini Prabowo Subianto usai menjalani operasi kaki kirinya.

Heboh Film Ipar Adalah Maut, Kenapa Sih Orang Bisa Selingkuh?

Dunia hiburan tanah air saat ini sedang dihebohkan film yang diangkat dari skandal viral, yaitu perselingkuhan antara seorang pria dan adik iparnya sendiri.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS