Surplus Neraca Dagang RI Pecah Rekor 46 Bulan Beruntun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) RI melaporkan neraca dagang Indonesia pada periode Februari 2024 kembali mencatatkan surplus. Capain itu membuat neraca dagang Indonesia mencatatkan rekor, dimana surplus terjadi selama 46 bulan berturut-turut.

“Neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus selama 46 bulan berturut-turut sejak Mei 2020,” kata Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Jumat (15/3).

Kendati demikian, surplus di Februari 2024 hanya tercatat sebesar US$ 0,87 miliar atau sekitar US$ 870 jutaan. Surplus tersebut terhitung dari nilai ekspor di Februari 2024 yang sebesar US$ 19,31 miliar dan impor sebesar US$ 18,44 miliar.

Amalia menerangkan, mengecilnya surplus neraca dagang Indonesia tidak terlepas dari kinerja ekspor Indonesia, dimana pada periode ini Februari 2024 nilainya turun 5,79 persen jika dibandingkan dengan nilai ekspor di Januari 2024 yang sebesar US$ 20,52 miliar.

“Penurunan nilai ekspor Februari didorong oleh penurunan ekspor non migas terutama pada besi dan baja dengan andil penurunan 3,26 persen, lemak dan minyak hewan nabati dengan andil penurunan 2,60 persen, serta logam mulia dan perhiasan permata dengan andil penurunan 0,60 persen,” terangnya.

Sementara untuk nilai impor Indonesia, tercatat mencapai US$ 18,44 miliar yang secara bulanan juga turun 0,29 persen. Penurunan ini terjadi di sektor non migas yang turun 2,12 persen dari bulan lalu menjadi US$ 15,46 miliar. Serta impor migas sebesar US$ 2,98 miliar, naik 10,42 persen secara bulanan.

Amalia menjelaskan penurunan nilai impor secara bulanan disebabkan oleh penurunan nilai impor non migas dengan andil penurunan sebesar 1,81 persen.

“Secara tahunan nilai impor Februari 2024 lebih tinggi dibandingkan dengan Februari 2023 atau tercatat naik 15,84%. Nilai impor migas naik 23,82%, sementara impor non migas naik 14,42%,” tadasnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Olimpiade Paris 2024 Resmi Dibuka, Api Balon Udara Menyala

Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka dengan ditandai api menyala dari sebuah balon udara raksasa.

Anggota DPR Ujang Iskandar Ditangkap di Bandara Soetta, Kejagung: Korupsi di Pemkab Kobar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Tim Intelijen Kejaksaan Agung (Satgas SIRI) dan Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah menangkap anggota DPR Ujang Iskandar, Jumat (26/7). Ujang...

Bareskrim Akan Periksa Benny Rhamdani soal Inisial T Pengendali Judi Online

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan, bahwa pihaknya telah menjadwalkan agenda pemeriksaan kepada Kepala BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Benny Rhamdani.

Sahroni Anggap Erintuah Damanik Sakit Jiwa

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menganggap hakim PN Surabaya, Erintuah Damanik sakit jiwanya gegara memutuskan vonis bebas terhadap Gregorius Ronald Tannur dari tuntutan JPU atas kasus kematian Dini Sera Afrianti pada tahun 2023 lalu.

Prabowo Subianto Optimis Penguatan Kerja Sama dengan Perancis

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menekankan pentingnya peningkatan kerja sama, khususnya di bidang ekonomi dengan negara Perancis.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Bologna Pastikan Calafiori Tinggalkan Klub

Bologna telah memastikan bahwa Riccardo Calafiori akan meninggalkan klub di bursa transfer pemain musim panas ini. Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh CEO Bologna sendiri yakni Caludio Fenucci.