HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis informasi terkait prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Kamis 14 Maret 2024.

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca Jateng pada hari ini umumnya bakal diawali dengan cuaca berawan di pagi ini. Namun terdapat pula sejumlah wilayah yang berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan.

Adapun potensi hujan ringan itu bakal terjadi di wilayah Utara Jateng, seperti Batang, Blora, Demak, Jepara, Kendal, Kudus, Pati, Purwodadi, Rembang, Semarang dan Ungatan.

Selanjutnya, cuaca Jateng pada siang hari ini diprediksi BMKG bakal didominasi oleh cuaca hujan. Bahkan beberapa wilayah berpotensi turun hujan yang disertai sambaran petir dan angin kencang hingga malam nanti.

“Berpotensi hujan sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan tengah-dataran tinggi,sebagian Pantura barat, Pantura timur, Solo Raya dan sekitarnya pada siang-awal malam hari,” tulis peringatan dini BMKG sebagaimana dikutip Holopis.com, Kamis (14/3).

Secara rinci, potensi hujan petir di Jateng pada siang ini terjadi di wilayah Blora, Demak, Kudus, Magelang, dan Sukoharjo. Sedangkan malamnya, cuaca yang sama bakal melanda wilayah Sukoharjo.

Namun secara umum, cuaca pada siang hingga malam hari ini bakal didominasi hujan ringan hingga sedang, dan akan kembali berawan pada dini harinya, meskipun terdapat beberapa wilayah yang masih berpotensi hujan ringan.

Selain informasi mengenai prakiraan cuaca, BMKG juga merilis informasi mengenai prakiraan suhu udara di Jateng, yakni berkisar antara 22-33 derajat celcius, dengan kelembapan di angka 65-95 persen.