HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pertandingan babak 16 besar antara Arsenal vs Porto telah rampung seluruhnya. The Gunners berhak lolos ke perempat final usai menang agregat 2-1.

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa Arsenal pada leg pertama sebelumnya harus puas menerima kekalahan 1-0 di markas Porto.

Kemudian pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Emirates, Rabu (13/3) dini hari WIB, Arsenal mampu meraih kemenangan meski harus melalui pertandingan yang sengit.

Dalam pertandingannya, Arsenal sukses meraih kemenangan 1-0 dalam kurun waktu 90 menit. Satu-satunya gol The Gunners diciptakan Leandro Trossard.

Kemenangan 1-0 itu membuat agregat menjadi imbang 1-1, sehingga pertandingan mau tidak mau harus dilanjutkan ke babak tambahan. Dalam waktu normal babak tambahan 30 menit tersebut, tidak ada perubahan skor dari kedua tim.

Akhirnya, pertandingan berlanjut ke babak adu penalti, dan Arsenal sukses menang dengan skor 4-2 atas Porto. Dengan demikian, Arsenal ke perempat final dengan agregat kemenangan 2-1.

Menariknya, pertandingan sengit antara Arsenal vs Porto itu menorehkan catatan baru nan unik di Liga Champions.

Dikutip Holopis.com dari Opta, berikut ini 3 fakta unik kemenangan Arsenal vs Porto :

  • Arsenal telah melaju ke perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak tahun 2009-2010. Yang berarti, mengakhiri tujuh eliminasi babak 16 besar secara berturut-turut di Liga Champions
  • Laga Arsenal vs Porto dini hari tadi adalah pertandingan sistem gugur Liga Champions pertama yang dilanjutkan dengan adu penalti sejak babak final 2016 antara Atletico Madrid dan Real Madrid
  • Laga dini hari tadi jadi kedua kalinya Arsenal harus menjalani perpanjangan waktu dalam pertandingan Liga Champions, sedangkan pertama kali terukir sejak babak 16 besar kontra AS Roma tahun 2008-2009, dimana The Gunners lolos melalui adu penalti.