Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud MD Ajak Umat Jalankan Ibadah Puasa dengan Sebaik-baiknya

HOLOPIS.COM, YOGYAKARTA – Pakar hukum tata negara sekaligus mantan Menko Polhukam, Mahfud MD menyempatkan diri untuk melakukan ibadah shalat Tarawih di Masjid yang ada di lingkungan kampus Universitas Islam Indonesia (UII).

“Saya mengisi ceramah tarawih di Masjid Ulul Albab, Kampus Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta malam ini,” kata Mahfud MD, Senin (11/3) malam seperti dikutip Holopis.com.

Dalam kesempatan itu, public figure yang juga Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara di UII tersebut mengajak seluruh jamaah yang hadiri untuk senantiasa meningkatkan rasa takwa kepada Tuhan, dalam rangka memohon ampun dan membersihkan diri dari segara dosa.

“Saya mengajak jamaah untuk meningkatkan takwa di bulan penuh rahmat dan ampunan ini,” ujarnya.

Bagi Mahfud, Ramadan adalah sebuah berkah dari Tuhan yang diberikan kepada umat Islam agar bisa melakukan pembersihan diri, setidaknya dengan melakukan penggemblengan dengan program puasa satu bulan penuh.

“Kita berpuasa di bulan suci ini untuk membersihkan diri selama sebulan, sehingga kembali ke kesucian pada akhir Ramadan,” tuturnya.

Atas dasar itulah, Mahfud MD mengajak seluruh umat Islam untuk meningkatkan upaya mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan melakukan berbagai amalan yang bermanfaat.

“Karena itu, sejak sekarang mulailah beristighfar, perbanyak membaca qur’an, banyak berzikir, berhati-hati dalam bicara, dan tak harus menunggu hingga tiba 10 hari terakhir pada moment i’tikaf,” sambungnya.

Terakhir, Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur tersebut mengajak semua umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadan dengan sebaik-baiknya ibadah, serta menghindari hal-hal yang bisa mengabaikan pahala hingga rusaknya kualitas ibadah.

“Mari berpuasa dengan benar, dengan penuh perhitungan dan kehati-hatian,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru