Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Selama Bulan Puasa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama bulan puasa, kurma menjadi makanan yang sangat populer untuk berbuka puasa dan juga buah ciri khas Ramadan. Selain karena rasanya yang manis dan sudah tidak asing lagi saat Ramadan, kurma juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang penting, terutama selama bulan puasa.

Kurma adalah salah satu jenis buah-buahan yang kerap tumbuh di kawasan Timur Tengah. Bahkan ia menjadi salah satu ciri khas kekayaan alam dari jazirah Arab. Ia memiliki nama latin Phoenix dactylifera dan menjadi salah satu keluarga besar buah Palm.

Saat ini, hampir semua negara bisa menikmati buah yang memiliki ciri khas manis tersebut, sebab sudah banyak diekspor ke luar negeri termasuk di antaranya adalah Indonesia.

Nah, lantas, apa saja manfaat kesehatan kurma, khususnya untuk membantu tubuh yang sedang berpuasa?.

1. Sumber Energi yang Baik

Kurma mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi bertahap dalam waktu yang lebih lama. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mengembalikan energi setelah berpuasa sepanjang hari.

2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Selama puasa, tubuh kehilangan elektrolit melalui keringat dan urinasi. Kurma mengandung kalium, magnesium, dan natrium yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme

Kurma mengandung serat diet yang membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah sembelit yang sering terjadi selama bulan puasa.

4. Mengandung Antioksidan

Kurma mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan fenolat, yang membantu melawan radikal bebas dan meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat membantu menjaga kesehatan selama bulan puasa.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Kurma memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam setelah dikonsumsi. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil selama puasa.

Sobat Holopis sudah siapkan kurma belum untuk menyambut Ramadan?

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru