BerandaDaerahJatimSejumlah Pohon Bertumbangan di Wilayah Magetan Diterjang Angin Kencang

Sejumlah Pohon Bertumbangan di Wilayah Magetan Diterjang Angin Kencang

HOLOPIS.COM, MAGETAN – Kabupaten Magetan, Jawa Timur, yang berada di lereng Gunung Lawu digempur hujan angin dengan durasi tak kurang 5 jam pada Sabtu (9/3).

Dilaporkan sedikitnya terdapat 5 pohon tumbang di wilayah Kecamatan Plaosan.

Hingga pukul 19.00 WIB, Pusdalops BPBD setempat menginformasikan jumlah pohon yang tumbang dampak cuaca ekstrem terus bertambah. Namun, belum bisa dirilis berapa totalnya lantaran masih dalam pendataan.

“Iya, awalnya ada 5 lokasi pohon tumbang. Namun, saat ini ada laporan masuk jumlahnya bertambah. Lebih banyak. Belum bisa disebutkan, masih didata,” sebut Gigin, Operator Pusdalops BPBD Magetan, dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dari lima titik lokasi pohon tumbang itu berada di Kecamatan Plaosan, tepatnya area tepi Telaga Sarangan, Lapangan Kantor Kelurahan Sarangan, depan Kantor PLN Sarangan dan jalur tembus Sarangan – Tawang Mangu.

Kepala Kelurahan Sarangan, Sudiharto, menjawab konfirmasi jurnalis mengatakan, terjadinya pohon tumbang di wilayahnya disebabkan cuaca ekstrem berupa hujan berjam-jam dengan kombinasi angin kencang.

Menurut Sudiharto, tidak ada korban jiwa maupun terluka akibat bencana alam itu. Juga tidak terdapat kerusakan fasilitas umum yang ditimbulkan.

“Kejadiannya akibat hujan disertai angin kencang. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa maupun yang terluka,” kata Sudiharto.

Di wilayah Telaga Sarangan dan sekitarnya, menurut Sudiharto, sudah dilakukan penanganan oleh petugas kebencanaan. Petugas yang terlibat pembersihan material diantaranya BPBD, Tagana, PMI, TNI, Polri, perangkat kelurahan, Hanom Hancala, relawan kebencanaan dan masyarakat setempat.

Sebelum terjadinya bencana pohon tumbang, di wilayah Magetan berlangsung hujan durasi panjang dengan intensitas sedang sampai deras. Hujan berlangsung mulai sekitar pukul 13.00, hingga lepas Maghrib masih gerimis.

“Hujannya deras dan lama sekali, Mas. Saya terjebak hujan dan berteduh di Kecamatan Sukomoro. Baru pulang ke rumah saya di Caruban, Madiun, pukul 20.00,” kata Sriyanto, pengguna jalan yang terjebak hujan.

Hingga saat ini petugas kebencanaan Kabupaten Magetan masih melakukan pendataan, terkait lokasi dan jumlah pohon tumbang yang dilaporkan belakangan.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ribuan Massa Madiun Jawa Timur Turun Ke Jalan Aksi Bela Palestina

HOLOPIS.COM, MADIUN - Ribuan publik Kota Madiun, Jawa Timur, menumpahkan perasaan sentimentil terhadap rakyat Palestina sebagai saudara, dengan berkumpul dan berorasi di jantung kota...

Cuaca Jatim Cerah, BMKG Ingatkan Potensi Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Warga Madiun Hadiri Aksi Bela Palestina

Ribuan warga menggelar aksi damai untuk memberikan dukungan kepada pembebasan Palestina dari serangan dan penjajahan Israel. Aksi tersebut diselenggarakan di Lapangan Pelti, Jalan Pahlawan, Kota Madiun, Jawa Timur.

Cek Ramalan Cuaca Jatim Hari Ini, Bakal Diguyur Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

Awas, Cuaca Jatim Diramal Bakal Turun Hujan Petir Malam Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

SMPN 6 Trenggalek Ikut Hebohkan Bhayangkara Run 2024

egenap civitas Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6, Jl. Imam Bonjol Nomor 5, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, tak menyia-nyiakan momentum Bhayangkara Run yang digelar Polres setempat, Minggu (30/6).
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS