BerandaNewsKesehatanIni Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengonsumsinya

Ini Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengonsumsinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bukan rahasia umum lagi buah manggis memiliki banyak manfaatnya, tidak hanya buahnya, namun kulitnya juga loh sobat Holopis.

Kulit manggis itu sendiri memiliki sejumlah bahan aktif di dalamnya, seperti xanthone, flavonoid, saponin, dan tanin. Xanthone sendiri merupakan senyawa aktif yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Sejumlah senyawa aktif tersebut dapat membantu tubuh dalam menunjang kesehatan, sekaligus mengatasi sejumlah gangguan

Lantas, apa saja manfaat dari kulit manggis bagi kesehatan tubuh? dan bagaimana cara mengonsumsinya? Berikut selengkapnya, seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc :

Penerbit Iklan Google Adsense

Manfaat Kulit Manggis

  • Menurunkan Kadar LDL/Kolestrol Jahat

LDL adalah kolesterol jahat yang berperan dalam memicu gangguan kesehatan pada tubuh. Saat kadarnya rendah, kamu akan terhindari dari risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya.

  • Menunjang Kekebalan Tubuh

Kulit manggis juga bermanfaat bisa menunjang kekebalan tubuh, karena terdapat kandungan dalam kulit manggis yang bisa mengatasi gejala peradangan

  • Mencegah Pertumbuhan Kanker

Manfaat kulit manggis ini didapatkan dari kandungan xanthone di dalamnya. Selain mencegah, senyawa aktif tersebut juga dapat menekan pertumbuhan sel abnormal kanker menjadi lebih ganas.

  • Mengatasi Peradangan Akibat Penyakit

Manfaat xanthone juga ampuh dalam mengatasi peradangan yang dipicu oleh radang sendi. Penyakit ini dapat menghambat aktivitas harian yang dilakukan karena sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat kulit manggis yang terakhir adalah menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika gula darah sudah terkontrol, kamu akan terhindar dari sejumlah penyakit seperti penyakit kardiovaskular, gangguan seksual, dan penurunan fungsi kognitif.

Cara Mengonsumsi Kulit Manggis

– Bersihkan terlebih dulu. Sebelum diolah, kamu harus membersihkan kulitnya terlebih dulu dengan mencuci menggunakan air yang mengalir.

– Potong kulit menjadi bagian kecil. Setelah dicuci bersih, potong kulit menjadi bagian kecil. Tujuannya agar kulit mudah diolah.

– Kukus kulit manggis. Selanjutnya dikukus selama 3-5 menit saja. Tujuannya agar getah di kulit benar-benar hilang.

– Haluskan kulit manggis. Setelah dikukus, kamu bisa menghaluskan per 100 gram kulit manggis yang sudah dicampur dengan 800 mililiter air dengan blender.

– Rebus hingga matang. Langkah terakhir adalah merebus hingga matang. Jika dirasa terlalu pahit, kamu bisa menambahkan sedikit gula.

Penambahan gula tidak disarankan pada pengidap kondisi medis tertentu seperti diabetes. Jika ingin menambahkan gula, kamu bisa memilih gula yang lebih sehat, seperti gula kelapa dan sugar brown.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.

Cara Paling Ampuh Atasi Batuk pada Anak, Cobain deh!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Batuk memang bukan rahasia umum lagi kerap diderita oleh anak-anak. Namun sobat Holopis tak perlu khawatir, ada beragam cara untuk mengatasi...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS