HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kunyit merupakan jenis rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain kunyit oranye, ada juga kunyit putih yang juga memiliki kandungan luar biasa untuk kesehatan.

Kunyit putih itu sendiri merupakan jenis tanaman rempah yang banyak ditemui di Indonesia, bahkan kabarnya turut dibudidayakan juga di Eropa hingga Amerika Serikat.

Kunyit putih juga memiliki perbedaan dengan kunyit oranye, dimana takstur dagingnya lebih lunak ketimbang kunyit oranye.

Lantas, apa saja khasiatnya? Berikut ini 5 manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc :

5 Manfaat Kunyit Putih

  • Obat Alergi Alami

Kunyit putih memiliki senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai antialergi yang bisa mengatasi gejala alergi pada kulit.

Kunyit putih bekerja seperti antihistamin yang berfungsi untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yakni zat kmia yang memicu reaksi alergi.

  • Mencegah Kanker

Kunyit putih mengandung zat RIP (Ribosom Inacting Protein) yang mampu mencegah, merontokkan, memblokir dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya.

Meski begitu, keefektifannya dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanut.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Minyak esensial yang terdapat pada kunyit putih dinilai bermanfaat untu mengobati masalah pencernaan seperti maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejangotot hingga masalah lambung lainnya.

Tepung dari akar kunyit putih juga dipercaya mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung

  • Antimikroba dan Antijamur

Kunyit putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang cukup baik. Ekstrak kunyit putih terbukti melawan beberapa spesies bakteri penyebab penyakit seperti E Coli, bakteri penyebab berbagai gangguan pencernaan dan Staphylococcus Aureus, bakteri penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Kunyit putih untuk kesehatan mampu melawan infeksi jamur, seperti Candida dan Aspergillus, serta menghambat aktivitas jamur-jamur lainnya pada tubuh manusia. Selain itu, manfaat kunyit putih turut andil dalam mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut, dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur yang biasa dijual di pasaran.

  • Penawar Bisa Ular

Ekstrak dari khasiat Kunyit putih juga dinilai bermanfaat sebagai pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar dan penghambat aktivitas racun ular dalam tubuh.

Tidak ada dampak pada kesehatan dari pengonsumsian kunyit putih. Namun, terkhusus untuk wanita hamil dan ibu menyusui, sebaiknya ikuti petunjuk tim medis atau dokter ketika akan mengonsumsi kunyit putih.