Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

UEFA Umumkan Format Baru Liga Champions, Pakai Sistem Liga dan Ada 36 Tim!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – UEFA secara resmi telah mengumumkan format baru Liga Champions, yang akan berlaku untuk musim depan alias 2024/2025.

Dari pengumuman UEFA yang dikutip Holopis.com, Liga Champions musim depan akan menyertakan sebanyak 36 tim, ada tambahan empat tim dari sebelum-sebelumnya yang berjumlah 32 tim.

Selain itu, babak fase grup juga mulai musim depan tidak akan berlaku lagi, melainkan bakal menggunakan format liga lengkap dengan papan klasemen.

Nantinya UEFA akan membagi seluruh tim yang ada ke dalam empat pot unggulan, dimana setiap peserta akan melawan delapan tim berbeda, baik laga kandang maupun tandang.

Sesuai dengan format pada umumnya, dalam sistem liga setiap tim yang menang akan mendapatkan tiga poin, imbang satu poin dan nol poin untuk yang kalah. Kemudian produktifitas gol dan jumlah kemasukan gol pun akan memiliki pengaruh dalam perhitungan di papan klasemen.

Kemudian, delapan tim teratas di papan klasemen nantinya berhak lolos ke 16 besar Liga Champions, sedangkan posisi 9-24 nantinya akan saling memperebutkan delapan tiket fase gugur melalui play-off.

Ada pun klub yang menempati peringkat 25 hingga 36 akan otomatis gugur. Sementara itu, format sama seperti sebelumnya masih berlaku mulai dari babak 16 besar sampai babak final.

Menariknya, format baru tersebut juga berlaku untuk Liga Europa dan UEFA Conference League musim depan.

Dalam hal ini, Presiden UEFA Aleksander Caferin menyampaikan bahwa perubahan format ini merupakan komitmen pihaknya untuk memajukan turnamen Eropa.

“UEFA jelas menunjukkan bahwa kami berkomitmen penuh menghormati nilai-nilai fundamental olahraga dan mempertahankan prinsip utama kompetisi terbuka, dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai dan model olahraga Eropa yang berbasis solidaritas,” ungkap Caferin.

“Saya sangat senang bahwa ini adalah keputusan bulat dari Komite Eksekutif UEFA, dengan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan asosiasi nasional semuanya menyetujui proposal yang dibuat. Bukti lain bahwa sepak bola Eropa lebih bersatu dari sebelumnya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, saat ini Liga Champions musim 2023/2024 baru memasuki babak 16 besar, dan setiap tim akan mulai melakoni laga leg kedua.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ducati Pilih Marc Marquez, Bos Pramac Bela Jorge Martin

Jorge Martin yang gagal menambah poin di seri MotoGP san Marino 2024, sempat terpukul karena tim pabrikan Ducati lebih memilih Marc Marquez untuk menjadi teman setim Francesco bagnaia.

PSSI Terjunkan Wasit Liga 1 Buntut Insiden Pemukulan Wasit di PON XXI Aceh-Sumut 2024

PSSI mengambil langkah cepat merespon insiden pemukulan wasit di cabang olahraga (cabor) PON XXI Aceh-Sumut 2024. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga pun menegaskan pihaknya akan menerjunkan wasit Liga 1 dan Liga 2 untuk memimpin jalannya laga.

Arteta Full Senyum Arsenal Menangi Derby London Utara Lagi

Pelatih Mikel Arteta mengaku senang Arsenal kembali meraih kemenangan di markas Tottenham Hotspur pada duel super big match bertajuk Derby London Utara tersebut.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru