BerandaNewsEkobizHarga Beras RI Lebih Mahal dari Singapura, Mendagri Bilang Gini

Harga Beras RI Lebih Mahal dari Singapura, Mendagri Bilang Gini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengakui, bahwa harga beras di Indonesia memang lebih mahal dari negara tentangga, salah satunya yakni Singapura.

Tito menyebut, alasan utama yang membuat harga beras di Singapura lebih murah yakni, karena Singapura bukan merupakan negara produsen pangan. Sehingga strategi penetapan harganya tentu berbeda dengan Indonesia.

“Dia (Singapura) enggak punya pangan, enggak menghasilkan pangan apa pun, semuanya impor jadi strateginya beda,” ujar Tito dalam keterangannya, Senin (4/3) yang dikutip Holopis.com.

Sebagai informasi, Harga beras Singapura di tingkat eceran saat ini tercatat 1,06 dolar Singapura per kilogram (kg) atau sekitar Rp12.324 per kg. Bahkan untuk grosirnya, harganya sebesar 0,48 dolar Singapura per kg atau Rp8.580 per kg.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tito lantas menjelaskan, bahwa strategi Singapura karena bukan sebagai negara produsen, tentu akan menerapkan harga yang serendah-rendahnya.

Berbeda dengan Indonesia yang berperan sebagai negara produsen, pemerintah harus menyeimbangkan harga di tingkat konsumen dan juga produsen.

Pemerintah pun tidak dapat sewenang-wenang mendatangkan beras impor agar tak berujung merugikan petani dalam negeri. Namun di sisi lain, ada kondisi dimana harga beras yang tinggi juatru merugikan masyarakat selaku konsumen.

“Kalau (Indonesia) kita enggak, kalau murah sekali, kasihan petani dan penghasil lainnya, termasuk pengusaha yang juga memproduksi,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Tito, saat ini pemerintah terus berupaya mencari keseimbangan harga beras yang adil antara produsen dan konsumen, sehingga keduanya sama-sama bisa diuntungkan.

“Kita harus menyeimbangkan kedua-duanya,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS