BerandaKesehatanSex EducationAwas! Ukuran Penis Bisa Menyusut, Ini Faktor Penyebabnya

Awas! Ukuran Penis Bisa Menyusut, Ini Faktor Penyebabnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap pria memiliki ukuran penis yang berbeda, ada yang kecil dan ada pula yang besar. Namun tidak menutup kemungkinan, ukuran penis bisa mengecil secara tiba-tiba.

Biasanya, hal tersebut terjadi dalam waktu hanya satu hari. Namun ada kasus dimana ukuran penis yang mengecil terjadi dalam jangka waktu lama, atau bahkan terjadi secara permanen.

IKLANIN AJA

Meskipun penyusutan penis yang umumnya hanya terjadi beberapa sentimeter tidak memengaruhi kehidupan seks pria, namun hal ini bisa jadi menjadi indikasi adanya kondisi serius yang serius.

Yuk simak beberapa faktor penyebab penis mengecil:

Dehidrasi dan stres

Faktor dehidrasi dan stres menjadi penyebab umum penyusutan ukuran penis. Hal ini terjadi karena saat mengalami dehidrasi ataupun stres psikologis, aliran darah ke penis berkurang dan membuat ukuran penis susut.

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, penis dan testis mungkin mengalami penyusutan. Semakin tinggi usia, penumpukan lemak di arteri juga semakin meningkat, yang membuat aliran darah menuju penis menurun.

Hal tersebut dapat menyebabkan layunya sel-sel otot di dalam tabung spons jaringan ereksi di dalam penis. Sebab, jaringan ini membutuhkan darah untuk bisa membesar dan ereksi.

Selain itu, cedera kecil yang berulang pada penis juga dapat memicu penumpukan jaringan parut. Penumpukan ini terjadi pada selubung yang mengelilingi jaringan ereksi, yang selanjutnya dapat mengurangi ukuran ereksi dan keseluruhan ukuran penis.

Pola makan yang kurang sehat

Kebiasaan makan yang kurang sehat berdampak besar pada ukuran penis.

Dalam sebuah penelitian menyabutkan, bahwa pria yang secara teratur mengonsumsi makanan olahan tinggi lemak trans, seperti kue, kue, cokelat, keripik, dan gorengan dan makanan olahan akan menghasilkan sperma yang kualitasnya lebih buruk daripada laki-laki dengan kebiasaan diet seimbang.

Makan makanan bergizi dan seimbang penting untuk menghindari obesitas. Sebab, obesitas dapat menyebabkan ukuran penis menyusut dan lingkar pinggang bertambah.

Merokok

Kebiasaan buruk satu ini juga menjadi salah satu faktor penyebab penis menyusut. Hal itu karena bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat melukai pembuluh darah di penis, yang membuat penis tidak dapat meregang.

Jika pembuluh darah ini rusak, maka penis tidak akan mencapai ereksi, meskipun telah mendapatkan rangsangan atau yang biasa dikenal dengan istilah impotrns.

Sejumlah penelitian menemukan, bahwa perokok memiliki penis ereksi yang lebih pendek dibandingkan laki-laki yang bukan perokok. Para peneliti percaya ini karena merokok menghambat aliran darah, yang mencegah penis meregang dan tidak dapat mencapai panjang maksimal.

Kendati mungkin memengaruhi kepercayaan diri, tetapi penyusutan penis biasanya tidak memengaruhi kemampuan laki-laki untuk mendapatkan pengalaman seksual yang menyenangkan.

Jika penyusutan ini disebabkan oleh penyakit, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan khusus untuk mencegah hal yang lebih buruk terjadi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Posisi Seks Gajah Duduk,

Bagi pasangan yang mencari pengalaman seksual yang mendebarkan dan membangkitkan gairah, posisi seks gajah terbang bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dieksplorasi.

Bukan Cuma soal Hasrat, Begini Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan Mental

Tahukah kamu bahwa di balik stigma negatif tentang masturbasi, ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan mental?

5 Posisi Seks Ini Manjur untuk yang Kepingin Anak Perempuan

Menentukan jenis kelamin anak bisa menjadi keinginan tersendiri bagi banyak pasangan. Meskipun tidak ada metode yang sepenuhnya dapat menjamin hasilnya, beberapa teori dan praktik telah diajukan untuk meningkatkan kemungkinan memiliki anak perempuan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
[wpcode id="333643"]

HOLOPIS FEEDS