BerandaNewsEkobizBeras Masih Jadi Biang Kerok Inflasi DKI Jakarta 0,45 Persen di Februari...

Beras Masih Jadi Biang Kerok Inflasi DKI Jakarta 0,45 Persen di Februari 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat inflasi secara bulanan pada Februari 2024 sebesar 0,45 persen (month-to-month/mtm).

Plt Kepala BPS DKI Jakarta Dwi Paramita Dewi mengatakan, bahwa kelompok pengeluaran penyumbang inflasi bulanan terbesar adalah makanan, minuman, dan tembakau dengan inflasi sebesar 1,24 persen dan andil inflasi 0,24 peren.

Sementara untuk komoditas yang mempunyai andil utama inflasi bulanan di DKI Jakarta pada Februari 2024 ini adalah beras dengan andil sebesar 0,14 persen, angkutan udara 0,09 persen, cabai merah 0,05 persen, kontrak rumah 0,02 persen, dan emas perhiasan 0,01 persen.

“Pada Februari 2024, komoditas beras masih mengalami inflasi yaitu sebesar 6,54 persen dan memberikan andil sebesar 0,14 persen,” ujar Dwi sebagaimana dikutip Holopis.com dari YouTube BPS DKI Jakarta, Sabtu (2/3).

Penerbit Iklan Google Adsense

Lebih lanjut, Dwi juga turut melaporkan inflasi DKI Jakarta secara tahunan mencapai 2,12 persen (year on year), dimana kelompok pengeluaran penyumbang inflasi tahunan terbesar masih dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan inflasi sebesar 6,28 persen dengan andil 1,18 persen.

Dia juga menyebut, komoditas beras masih menjadi salah satu komoditas pendorong terbesar inflasi tahunan DKI Jakarta pada Februari 2024, dengan catatan inflasi sebesar 16,17 persen, dan andil sebesar 0,32 persen.

Kemudian di posisi kedua komoditas penyumbang inflasi Februari 2024 yakni cabai merah yang tercatat sebesar 50,70 persen, dengan andil 0,15 persen, serta daging ayam 9,14 persen dengan andil 0,10 persen.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS