HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke sejumlah organisasi keagamaan di Indonesia.

Dia menuturkan, bahwa kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk mengajak seluruh tokoh agama menjaga situasi kondusif pasca Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, yakni Pilpres dan Pileg 2024 yang berlangsung pada 14 Februari lalu.

Hal itu disampaikannya dalam kunjungannya ke kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Jakarta, Rabu (28/2) kemarin.

“Semuanya tujuannya adalah mengajak seluruh tokoh agama bahwa tetap menjaga situasi kondusif ini pasca Pilleg, Pilpres dengan baik. Karena situasinya saat ini masih baik,” ujar Menko Hadi dalam keterangan resminya yang dikutip Holopis.com, Kamis (29/2).

Dikatakannya, semuanya tokoh agama memiliki pemikiran dan komitmen yang sama yakni tetap menjaga situasi yang saat ini kondusif sampai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Karena ini harga diri bangsa harus kita jaga,” tegasnya Menko Hadi

Menurut mantan Panglima TNI ini, peran tokoh agama sangat besar. Ia pun mencontohkan Pendeta di Papua yang menyampaikan pesan ke umatnya maka tidak ada yang berani melanggar, atau Kyai yang berkhotbah ke jemaahnya mulai dari struktural hingga kultural maka tidak ada yang berani melanggar.

“Kalau (Pendeta atau Kyai) sudah menyampaikan harus jaga hubungan baik, tidak boleh melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum, pasti akan diikuti,” katanya.

“Saya datangi, silaturahmi untuk mengajak bersama, dan tokoh agama semuanya berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini,” sambungnya.