BerandaNewsEkobizAirlangga Klaim Semua Negara Anggota Setuju Indonesia Gabung OECD

Airlangga Klaim Semua Negara Anggota Setuju Indonesia Gabung OECD

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku optimistis proses aksesi Indonesia menjadi anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) akan rampung dalam waktu singkat.

Pasalnya, Arilangga mengklaim 38 negara anggota, yang artinya seluruh negara anggota mendukung penuh proses aksesi Indonesia menjadi anggota OECD yang telah dimulai sejak 20 Februari 2024 lalu.

“38 dari 38 (negara anggota), semuanya mendukung, yakin,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (29/2).

Sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia telah melakukan diskusi aksesi dengan 33 duta besar untuk perwakilan negara anggota OECD. Setelahnya, kata Airlangga, akan dilakukan penyusunan peta jalan aksesi yang dimulai dengan pemetaan gap kebijakan Indonesia dengan standar OECD.

Penerbit Iklan Google Adsense

Rencananya, peta jalan itu akan diluncurkan pada Pertemuan Tingkat Menteri OECD pada Mei 2024 mendatang. Sehingga nantinya, bisa dilakukan proses penyelarasan kebijakan dan standar regulasi.

“Tentu kita berharap proses menjadi anggota OECD ini bisa diselesaikan dalam waktu 2-3 tahun. Beberapa negara yang berpengalaman masuk dalam 3 tahun, antara lain Chile, Estonia, Slovenia, Latvia, Lithuania,” jelas Airlangga.

Sebagai informasi, proses aksesi Indonesia menjadi anggota OECD ini merupakan langkah Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Airlangga pun sebelumnya telah menyampaikan, bahwa proses aksesi diharapkan dapat menjadi katalisator untuk mendorong peningkatan pendapatan per kapita Indonesia.

Keanggotaan Indonesia dan penyelarasan peraturan dengan standar OECD juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti meningkatkan nilai investasi, mendorong UMKM menjadi pemain global, hingga meningkatkan kualitas SDM.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS