Categories: Polhukam

KPK Amankan Bukti Catatan Keuangan Pungli Usai Geledah 3 Rutan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan bukti dugaan korupsi berupa pemerasan di lingkungan Rumah Tahanan (Rutan) Cabang KPK. Bukti itu antara lain berbagai dokumen catatan penerimaan sejumlah uang.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, bukti itu ditemukan dan diamankan saat tim penyidik menggeledah tiga Rutan Cabang KPK untuk mengusut kasus dugaan pemerasan, Selasa (27/2). Tiga rutan itu yakni Rutan di Gedung Merah Putih, Rutan Pomdam Jaya Guntur, dan Rutan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi.

“Dalam kegiatan tersebut, Tim Penyidik menemukan dan mengamankan bukti antara lain berbagai dokumen catatan kaitan penerimaan sejumlah uang,” kata Ali dalam keterangannya, sepertu dikutip Holopis.com, Rabu (28/2).

“Penyitaan dan analisis segera dilakukan untuk menjadi bagian dalam pemberkasan perkara dari para pihak yang ditetapkan sebagai Tersangka,” sambung Ali.

Secara paralel, lanjut Ali, Inspektorat juga telah memintai keterangan dan masih terus melakukan proses pemeriksaan pelanggaran disiplinnya. Hal ini, kata Ali, sebagaimana komitmen KPK untuk menindaklanjuti setiap pelanggaran di internal lembaga, dan bentuk zero tolerance terhadap tindak pidana korupsi.

Diketahui, Dewan Pengawas (Dewas) KPK sebelumnya menjatuhkan sanksi berat berupa permintaan maaf secara terbuka langsung terhadap 78 pegawai KPK yang terbukti menerima pungutan liar (pungli) di tiga Rutan KPK.

Adapun 12 pegawai lainnya diserahkan kepada Sekretariat Jenderal KPK lantaran Dewas KPK tidak memiliki wewenang untuk menyidangkan. Atas kasus dugaan pungli di Rutan, 90 pegawai KPK masih akan menjalani pemeriksaan disiplin.

“Menjadi komitmen KPK untuk segera memproses disiplin pegawai dan penyidikan perkara dugaan korupsi berupa pemerasan di lingkungan Rutan Cabang KPK,” ucap Ali.

Rangga Tranggana

Share
Published by
Rangga Tranggana
Tags: KPK

Recent Posts

Polisi Tangkap 2 Pembakar Rumah Rico Sempurna, Satu Ditembak Kakinya

Kapolda Sumatra Utara Komjen Pol Agung Setya Imam Efendi mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil menangkap…

3 menit ago

Kunci Gitar Cantik – Tiara Andini, Arsy Widianto Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Industri musik Indonesia kembali dimeriahkan dengan kolaborasi apik antara dua penyanyi muda…

23 menit ago

Thiago Alcantara Nyatakan Pensiun!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Thiago Alcantara kabarnya telah mengumumkan untuk pensiun dari dunia sepak bola. Informasi…

43 menit ago

Jokowi Siap Doakan Kaesang Maju di Pilkada Serentak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) terus memberikan sinyalemen dukungan dirinya terhadap Kaesang Pangarep yang dikabarkan akan…

53 menit ago

Kunci Gitar Tak Selalu Memiliki (Ipar Adalah Maut) – Lyodra Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penyanyi muda berbakat, Lyodra Ginting, kembali meramaikan industri musik Indonesia dengan merilis…

1 jam ago

Afifuddin Ogah Mundur Meski Dikritik Mahfud MD

Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menanggapi kritik yang dilontarkan Mahfud MD usai pemberhentian Hasyim…

2 jam ago