BerandaNewsEkobizDuh, 68 Daerah Masuk Kategori Daerah Rawan Pangan

Duh, 68 Daerah Masuk Kategori Daerah Rawan Pangan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) telah merilis hasil penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan atau Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) dan Prevalence of Undernourishment (PoU) 2023.

Berdasarkan hasil analisis, terdapat setidaknya 68 kabupaten/kota atau sekitar 13 persen dari total daerah di Indonesia yang teridentifikasi sebagai daerah rentan rawan pangan prioritas 1-3.

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa jumlah tersebut menyusut menyusut jika dibandingkan dengan hasil FSVA tahun 2022 yang jumlahnya sebanyak 74 kabupaten/kota atau 14 persen.

“Hal ini semakin mendekatkan kita pada capaian RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2024 sebagaimana telah ditargetkan pemerintah sebesar 12% atau sekitar 61 kabupaten/kota rentan rawan pangan,” kata Arief dalam keterangan resminya yang dikutip Holopis.com, Selasa (27/2).

Penerbit Iklan Google Adsense

Dia menyebut, FSVA sekarang ini sudah digunakan sebagai rujukan dalam menetapkan lokus dan target intervensi program pengentasan daerah rentan rawan pangan, penurunan kemiskinan, juga penurunan stunting.

“Ini karena FSVA disusun menggunakan indikator yang mewakili tiga aspek, yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan.” tutur Arief.

Kerawanan pangan dan kemiskinan, menurut Arief merupakan dua hal yang berkaitan erat sehingga upaya dalam pengentasan kemiskinan akan berpengaruh nyata dalam mengurangi masyarakat rawan pangan.

Lebih jauh, ia juga menyatakan bahwa Indonesia sekarang ini tengah dihadapkan pada permasalahan PoU, yang digunakan untuk mengukur pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs).

Adapun untuk Capaian angka PoU tahun 2023 sebesar 8,53 persen. Angka ini mengindikasikan adanya perbaikan jika dibanding tahun 2022 yang awalnya tercatat sebesar 10,21 persen.

Sejalan dengan itu, angka kemiskinan (P0) juga mengalami penurunan. Dimana angka P0 yang semula sebesar 9,54 persen di tahun 2022, kini telah turun menjadi 9,36 persen.

“Ini sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 untuk Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.” tandas Arief.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS