BerandaNewsRagamPunya Vertigo ? Atasi dengan 5 Makanan Sehat Ini

Punya Vertigo ? Atasi dengan 5 Makanan Sehat Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Vertigo adalah kondisi yang seringkali membuat penderitanya merasa pusing, berputar, atau tidak seimbang. Kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang dan membatasi aktivitas sehari-hari.

Selain pengobatan medis yang sesuai, perubahan pola makan juga dapat membantu mengurangi gejala vertigo dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah lima makanan yang dapat membantu mengelola vertigo.

1. Jahe

Jahe
Potongan jahe. [Foto: Ist]

Jahe telah lama dikenal karena sifat anti-mual dan anti-inflamasi alaminya. Minuman jahe hangat atau teh jahe dapat membantu meredakan gejala mual dan pusing yang sering terjadi pada vertigo.

Penerbit Iklan Google Adsense

Jahe juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat bermanfaat bagi penderita vertigo karena kadang-kadang kondisi ini dapat terkait dengan masalah sirkulasi.

2. Kunyit

Kunyit
Potongan kunyit. [Foto: Ist]

Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Konsumsi kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat menjadi faktor yang memperburuk gejala vertigo.

Sobat Holopis dapat menambahkan kunyit ke dalam berbagai hidangan, seperti kari, tumisan, atau minuman hangat.

3. Buah-buahan Beri

Stroberi
Buah Stroberi. [Foto: Ist]

Buah-buahan beri seperti blueberry, strawberry, dan raspberry mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel saraf dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan otak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah-buahan beri juga dapat membantu mengurangi gejala vertigo dengan meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau
Kumpulan sayuran hijau. [Foto: Ist]

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan kale kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin K, magnesium, dan zat besi. Vitamin K dikenal karena perannya dalam menjaga keseimbangan cairan dalam telinga dalam, yang merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada keseimbangan tubuh.

Selain itu, magnesium juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres yang seringkali memperburuk gejala vertigo.

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang
Kacang-kacangan. [Foto: Ist]

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B6, vitamin E, magnesium, dan selenium, yang semuanya dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan sistem saraf.

Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein nabati yang baik, yang dapat membantu menjaga energi dan stamina tubuh.

Nah, itulah 5 tips untuk menangani penyakit vertigo yang bisa Sobat Holopis coba. Semoga bermanfaat.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS