BerandaNewsEkobizBPS Sebut Harga Beras hingga Cabai yang Naik Bisa Sumbang Inflasi

BPS Sebut Harga Beras hingga Cabai yang Naik Bisa Sumbang Inflasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejumlah komoditas pangan yang terus mengalami kenaikan harga. Hal ini tentu berisiko menyumbang inflasi bulanan pada Februari 2024.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menyebut, hampir semua komoditas pangan utama, seperti beras, cabai merah, telur ayam dan daging ayam mengalami kenaikan harga secara kumulatif hingga pekan keempat Februari 2024.

“Hampir semua komoditas utama pangan ini mengalami kenaikan harga di banyak wilayah, kecuali daging sapi,” ujar Pudji dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (26/2).

Adapun jumlah wilayah yang mengalami kenaikan indeks perkembangan harga (IPH) pada pekan keempat Februari 2024 juga mengalami peningkatan, menjadi 222 kabupaten/kota. Padahal pada pekan sebelumnya tercatat wilayah yang mengalami kenaikan IPH sebanyak 175 kabupaten/kota.

Penerbit Iklan Google Adsense

Pudji menyebut, harga beras masih terus mengalami tren kenaikan sampai dengan minggu keempat Februari 2024. Rata-rata harga beras di pekan keempat Februari 2024 mencapai rp15.387 per kilogram atau mengalami kenaikan 5,44% dibandingkan harga di Januari 2024.

“Kalau kita lihat, beras ini jumlah wilayah yang mengalami kenaikan harga beras mencapai 268 kabupaten/kota, sebelumnya 179 kabupaten/kota,” ungkapnya.

Selain harga beras, Pudji menyebut kenaikan juga terjadi pada cabai merah. Harga cabai pada minggu keempat Februari naik sekitar 7,63% dibandingkan Januari 2024 menjadi Rp57.521 per kilogram. Namun, 44% wilayah masih memiliki harga cabai lebih tinggi dari harga rata-rata nasional.

“Cabai merah di minggu lalu ada 230 wilayah yang mengalami kenaikan harga, di minggu keempat ini ada 241 wilayah yang mengalami kenaikan harga cabai merah,” tuturnya.

Pudji pun mengatakan adanya potensi inflasi yang disumbang dari kenaikan harga komoditas pangan tersebut terhadap inflasi bulanan Februari 2024.

Oleh karena itu, upaya untuk menahan laju kenaikan harga diperlukan untuk mencegah peningkatan inflasi akibat pangan di Ramadan pada Maret 2024.

“Sudah bisa dilihat protensi inflasi terhadap komoditas tersebut. Perlu langkah nyata untuk menahan laju peningkatan harga tersebut agar tidak berlanjut di bulan depan,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS