Hari Internasional Menentang Perundungan (Bullying), Saatnya Lawan Mental Penindas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini pada tanggal 23 Februari diperingati sebagai Hari Internasional Menentang Perundungan (Bullying). Sebuah hari yang diharapkan dapat meningkatkan rasa empati, dan juga menghentikan tindakan perundungan dan pelecehan.

Peringatan ini lebih ditekankan pada sekolah-sekolah, tempat kerja, dan juga perkumpulan organisasi.

Hal yang tidak disadari, atau mungkin diketahui oleh pelakunya, bahwa tindakan perundungan adalah aksi yang bisa memengaruhi kesehatan psikis korbannya. Karena itulah, sudah menjadi tugas masyarakat untuk bisa menghentikan tindakan ini secepatnya.

Sejarah Hari Internasional Menentang Perundungan

Hari Internasional Menentang Perundungan atau International Stand Up to Bullying Day awalnya dimulai karena ulah dua siswa kelas 12 dari Nova Scotia bernama Travis Prive dan David Shepherd.

Mereka membela seorang siswa yang dibully karena mengenakan pakaian berwarna merah muda. Akhirnya, mereka pun membeli 50 kemeja berwarna merah muda dan mengirimkan surat elektronik ke teman-teman sekelasnya agar kemeja tersebut mereka kenakan.

Kemudian keesokan harinya, suasana sekolah menjadi lautan merah muda demi mendukung siswa yang tadinya diejek karena baju merah mudanya.

Cerita ini pun mencuri perhatian negaranya yaitu Kanada, kemudian ke Amerika Serikat, dan juga negara lainnya.

Akhirnya di tahun berikutnya, muncul Hari Internasional Menentang Perundungan. Apalagi, ini adalah masalah yang selalu ada di seluruh Indonesia dan membutuhkan tantangan yang keras melawannya.

Cara Merayakan Hari Internasional Menentang Perundungan

Sobat Holopis bisa merayakan hari ini dengan mengenakan pakaian berwarna pink, mengingkatkan kesadaran, bahkan bisa membuka sebuah acara di tempat kerja atau sekolah Sobat Holopis dalam memperingati hari ini.

Apalagi, perundungan bisa melukai kesehatan mental seseorang dan akan berdampak jangka panjang.

Sobat Holopis juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih sensitif dan bertanggung jawab jika melihat ada praktek perundungan di sekitar mereka.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Sejarah Hari Puisi Indonesia, Pengingat Kekuatan Bahasa dan Susunan Kata

Hari Puisi Indonesia merupakan momen penting san salah satu hari besar yang wajib dirayakan, dalam kalender budaya nasional yang merayakan keindahan dan kekayaan sastra puisi di Indonesia.

Hari Mangrove Sedunia Ingatkan Pentingnya Menjaga Lingkungan

Hari Mangrove Sedunia diperingati dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ekosistem mangrove, dan mendorong tindakan untuk melindungi dan melestarikannya.

Jokowi Ajak Wanita Indonesia Lestarikan Kebaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak acara peringatan Hari Kebaya Nasional yang diselenggarakan oleh Kongres Wanita Indonesia di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada hari Rabu, 24 Juli 2024.

Titiek Soeharto Ajak Wanita Indonesia Lestarikan Kebaya

Ketua Umum Himpunan Ratna Busana (HRB) Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto menyampaikan rasa bangga atas peringatan Hari Kebaya Nasional yang telah diperingati pada hari ini, Rabu, 24 Juli 2024.

Manjakan Diri di Hari Perawatan Diri Internasional

Di tengah kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan, merawat diri sering kali terabaikan. Namun, ada satu hari khusus yakni Hari Perawatan Diri Internasional.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.