Sabtu, 28 September 2024
Sabtu, 28 September 2024
NewsEkobizCetak Sejarah, Indonesia Resmi Gabung OECD

Cetak Sejarah, Indonesia Resmi Gabung OECD

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan, bahwa Indonesia telah resmi menjadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Airlangga mengatakan, bahwa momen bersejarah diterimanya Indonesia menjadi anggota organisasi bergengsi di Dunia itu telah dilaporkan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya laporkan ke Pak Presiden. Tadi malam bahwa keanggotaan Indonesia di OECD sudah diterima,” kata Airlangga dalam keterangannya, Rabu (21/2) yang dikutip Holopis.com.

“Jadi ini merupakan momen bersejarah, Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang diterima daripada OECD dan kedua, negara Asia ketiga setelah Jepang dan Korea,” sambungnya.

Sebagai informasi, OECD merupakan organisasi antar pemerintah negara-negara di dunia yang memiliki misi untuk mewujudkan perekonomian global yang kuat, bersih, dan berkeadilan.

Dalam hal ini, OECD mempunyai peran untuk membantu mengatasi berbagai isu dan permasalahan global untuk mencari solusi kebijakan yang komprehensif dan tentunya berkeadilan.

Sejauh ini, lanjut Airlangga, sejumlah negara telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung Indonesia menjadi anggota OECD. Negara tersebut seperti Australia dan Jepang.

Untuk tahapan selanjutnya, Presiden Jokowi memberikan instruksi untuk segera menyusun peta jalan atau roadmap program Indonesia sebagai bagian dari keanggotaan OECD.

“Arahan Pak Presiden, roadmap perlu disiapkan,” katanya.

“Roadmap ini untuk keanggotaan OECD, berbagai proses diperlukan terutama di regulasi, undang-undang,” tambahnya.

Airlanngga meyakini, Indonesia mampu menyusun roadmap tersebut sebagai pintu masuk menjadi anggota OECD. Hal itu dapat dilihat dari rekam jejak Indonesia yang mampu menyusun berbagai perjanjian perdagangan.

“Kita confindent karena dalam perjanjian perdagangan hampir semua kita bisa,” tambahnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Buruh Minta Kenaikan Upah Minimum Tahun 2025 Jadi 8-10%

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)...

Jelang Akhir Pekan, IHSG Malah Ditutup Tak Bergairah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan, Jumat 27 September 2024.

ESDM Targetkan Tambahan Kapasitas PLTB 5 GW hingga 2030

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan PT PLN (Persero) tengah menyusun Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2025-2035 serta Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN).

Harga Emas Antam Hari ini Stagnan Lagi, Per Gram Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.