HOLOPIS.COM, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Selasa (20/2).

Berdasarkan data prakiraan cuaca BMKG yang dipantau Holopis.com dari laman resminya, cuaca di Jatim pada hari ini bakal dimulai dengan cuaca cerah yang disertai awan tipis di sejumlah wilayah Jatim pada pagi ini.

Namun memasuki waktu siang, cuaca Jatim diprediksi BMKG bakal turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang bahkan dapat pula disertai peti atau kilat dan angin kencang.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: Siang-Sore hari,”
tulka BMKG.

Adapun untuk wilayah yang berpotensi turun hujan lebat serta sambaran petir yakni Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Kediri.

Kemudian Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Malam harinya, cuaca yang sama juga terjadi di wilayah Kota Mojokerto, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Kab. Madiun, Kota Madiun dan Ngawi. Dini hari di wilayah Pacitan, Tulungagung dan Kab. Malang.” tulka BMKG.

Memasuki waktu siang, BMKG memprediksi kondisi cuaca Jatim didominasi oleh cuaca hujan dengan intensitas lebat yang dapat pula disertai sambaran petir atau kilat dan angin kencang.

Adapun hujan petir dan angin kencang itu diprakirakan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Magetan,

Kemudian Kab Ponorogo, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep.

Kondsisk untuk kondisi cuaca Jatim pada malam ini diprediksi BMKG bakal diguyur hujan. Namuna untuk potensi hujan yang akan disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi di wilayah Magetan. Dan dini harinya di wilayah Sumenep.

Selain informasi cuaca, BMKG melalui laman resminya juga merilis informasi prakiraan suhu dan kemlembapan udara di Jatim pada hari ini.

Adapun suhu udara di Jatim hari ini diprakirakan bakal berkisar antara 21-34 derajat celcius, dengan kelembapan di rentang 65-95 persen.
U