Categories: Tekno

Intip Bocoran Fitur Notification Cooldown di Android 15

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Google diketahui telah merilis Android 15 Developer Preview beberapa waktu lalu. Dalam versi awal itu, terlihat sistem operasi andalan Google itu membawa sejumlah perubahan, baik dari sisi desain maupun fitur.

Dari sekian banyak fitur yang akan dibawa oleh Google di seri Android anyarnya, terdapat satu fitur yang nampaknya akan sangat berguna bagi sebagian besar pengguna, yakni fitur Notification Cooldown.

Secara kasarnya, fitur ini akan membantu para penggunanya menghindari notifikasi yang mengganggu. Dengan kata lain, fitur ini akan mencegah adanya gangguan ponsel berbunyi terus menerus ketika menerima notifikasi dari aplikasi yang sama, dan dalam waktu yang singkat.

Kasus ini sering ditemukan saat terdapat pesan spam yang masuk. Ketika hal itu terjadi, fitur Notification Cooldown ini akan secara otomatis mengecilkan volume notifikasi dan intensitas getaran pada notifikasi.

Namun sayangnya, fitur Notification Cooldown tersebut tidak berlaku permanen. Setelah beberapa saat, bunyi notifikasi akan kembali normal dan notifikasi berikutnya meskipun pada aplikasi yang sama.

Sejauh ini, Google memberikan fitur tersebut pada semua aplikasi yang ada, termasuk pada aplikasi perpesanan. Namun nampaknya, Google masih akan memberikan beberapa perubahan pada fitur tersebut, mengingat Android 15 hingga saat ini masih dalam pengembangan.

Adapun untuk tambahan opsi penerapan per aplikasi mungkin saja akan cukup menarik untuk diterapkan pada fitur anyar di Android 15 tersebut.

Pun perihal tanggal rilis Android 15, kemungkinan bakal dilakukan setelah bulan Juli 2024 mendatang, atau pada ajang I/O yang rencananya akan berlangsung di bulan Juni 2024 nanti.

Kemungkinan, Google akan menjelaskan lebih lanjut mengenai sistem operasi terbarunya itu, termasuk fitur-fitur yang akan datang. Notification Cooldown pastinya jadi salah satu fitur yang sangat dinantikan.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Jokowi Tak Kunjung Tanda Tangani Pemberhentian Hasyim Asyari

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku belum menandatangani Keppres pemberhentian Hasyim Ashari dari posisi Ketua KPU…

2 menit ago

Kunci Gitar Lampu Kuning – Juicy Luicy Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Grup musik pop Indonesia, Juicy Luicy, kembali memanjakan para penggemarnya dengan merilis…

32 menit ago

Park Seo Joon Akan Bintangi Drakor Romantis Baru, Apa Ya Judulnya?

Aktor Korea Selatan Park Seo Joon akan membintangi drama romantic terbaru yang berjudul Waiting for…

1 jam ago

Kunci Gitar Kata Mereka Ini Berlebihan – Bernadya Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penyanyi muda berbakat, Bernadya, kembali menggebrak industri musik Indonesia dengan merilis single…

2 jam ago

Pegi Setiawan Bebas, Mabes Polri Bakal Evaluasi Penyidik

Mabes Polri menegaskan akan melakukan evaluasi menyeluruh pasca putusan praperadilan yang membebaskan Pegi Setiawan.

2 jam ago

Jokowi Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk Papua Nugini dan Afghanistan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) secara resmi melepas bantuan kemanusiaan senilai 18 miliar rupiah kepada Pemerintah…

3 jam ago