BerandaNewsRagamApa Itu Silent Majority? Kelompok yang Dinilai Sebagai Dalang Menangnya Paslon 02...

Apa Itu Silent Majority? Kelompok yang Dinilai Sebagai Dalang Menangnya Paslon 02 di Pilpres 2024

HOLOLOPIS.COM, JAKARTA – Media sosial di Indonesia saat ini sedang ramai membahas tentang Silent Majority atau jika diartikan ke Bahasa Indonesia menjadi ‘Mayoritas yang Diam’. Fenomena Silent Majority ini dikaitkan dengan kemenangan Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dari hasil quick count (perhitungan cepat) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Muncul anggapan bahwa banyak masyarakat yang selama kampanye diam dan tidak menunjukkan arah pilihan mereka, ternyata menjatuhkan pilihan ke Prabowo dan Gibran.

“Setelah lama jadi SILENT MAJORITY, akhirnya berhasil memilih tanpa harus merendahkan pilihan orang lain,” kata pemilik akun Tiktok @syakura.official, dikutip Holopis.com, Jum’at (16/2).

Sementara itu mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga memberikan komentar terkait Silent Majority yang diam-diam memenangkan pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Silent Majority sudah berbicara. Siapa mereka? Mereka yang menyimak namun jarang komen, mereka yang jarang komen, mereka yang jarang ribut-ribut di medsos tiap akun ini posting,” kata Ridwan di akunnya @ridwankamil.

Netizen pun langsung tertarik dengan istilah yang saat ini tiba-tiba menjadi sangat populer. Apa itu Silent Majority?

Asal Muasal Istilah Silent Majority

Berdasarkan informasi yang dihimpun Holopis.com, Silent Majority adalah sebuah istilah yang diartikan sebagai kumpulan orang-orang di sebuah negara atau kelompok, yang tidak mengekspresikan opini mereka di mata publik.

Istilah ini, ternyata pertama kali dipopulerkan oleh Presiden Amerika Serikat, Richard Nixon pada 3 November 1969. Saat itu, ia sedang membahas masyarakat Amerika Serikat yang tidak ikut dalam demonstrasi untuk menentang perang AS – Vietnam.

“Dan malam ini, untuk kalian, masyarat Amerika Serikat yang mayoritas diam, saya meminta dukungan kalian,” kata Nixon.

Namun, istilah ini tidak bisa diartikan menjadi satu makna saja. Hal itu karena faktanya, ‘Silent Majority’ digunakan oleh beberapa orang dengan makna yang berbeda-beda pula.

Sebelum Nixon, pada tahun 1919, seorang politikus Bruce Barton memberikan istilah Silent Majority kepada Wapres AS, Calvin Coolidge. Barton memberikan pemahaman bahwa Coolidge adalah sosok yang tidak banyak bicara, namun ia hidup bersama masyarakat yang tidak banyak bersuara, bekerja dengan mereka, dan memahami mereka secara diam-diam.

Silent Majority kemudian diartikan sebagai istilah yang menggambarkan kelompok anti radikal, anti minoritas, dan berbudi luhur.

Lalu di abad ke-19, istilah Silent Majority pun digunakan untuk menggambarkan mereka yang sudah meninggal dunia.

Menanggapi makna yang cukup berbeda dengan sejarah yang tak sama pula, membuat istilah ini sangat luas diartikan, dan tidak bisa dipaksakan ke satu pengertian sempit saja.

Kalau Sobat Holopis, bagaimana mengartikan istilah Silent Majority?

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

5 Serum Ini Cocok untuk Kulit Berminyak di Pagi Hari

Kulit berminyak memang memerlukan perawatan khusus agar tetap segar dan seimbang sepanjang hari.

4 Alasan Orang Sering Tergoda Operasi Plastik

Agar bisa lebih mengerti mengapa orang operasi plastik, ini dia beberapa alasan umum yang dimiliki seseorang.

Ini Dia Manfaat Minum Susu di Pagi Hari

Susu merupakan minuman yang telah lama dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia, terutama di pagi hari. Selain bisa langsung diminum, susu juga bisa dinikmati dengan sereal yang bisa mengenyangkan perut.

Pakar Genetika BRIN Nyatakan Bani Alawi Bukan Keturunan Rasulullah SAW

Pakar genetika dan peneliti BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Sugeng Pondang Sugiharto menyebut bahwa Bani Alawi atau Ba'alawi bukanlah keturunan Rasulullah SAW. Hal ini disampaikan berdasarkan penelitian terhadap sample DNA.

Cuaca Jakarta Bakal Hujan Siang Ini, Cek Prakiraan Lengkapnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Tiga Kabupaten di Sulawesi Tenggara Terendam Banjir

Ribuan warga yang tersebar di tiga Kabupaten Provinsi Sulawesi Tenggara terdampak bencana banjir.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS