Kemenkominfo Kolaborasi Bersama Legislator Gelar Panggung Budaya Rakyat di Lampung Selatan

Panggung budaya di Lampung Selatan
Kegiatan Panggung budaya yang digelar di Lampung Selatan, Provinsi Lampung. [Gambar : ist]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan DPR RI membangun kolaborasi dalam menjaga keutuhan NKRI dengan menampilkan kebudayaan dan kearifan lokal kepada masyarakat.

Hal ini ditunjukan dalam semangat panggung rakyat Kuda Kepang dan Reog yang ditampilkan di Lampung Selatan. Anggota DPRD Prov Lampung, Lesty Putri Utami mengatakan, kegiatan ini sendiri demi menumbuhkan persatuan dan kesatuan di masyaraat.

“Membudidayakan adat seperti reog dan kuda kepang adalah salah satu ciri negara kita, yaitu kegotong royongan, persatuan dan kesatuan, karena di wilayah Jatiagung, Lampung selatan, sudah banyak masyarakat yang berbeda suku dan hidup berdampingan dengan harmonis,” kata Lesty dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (15/2).

Lesty menjelaskan bahwa panggung budaya rakyat menjadi bukti keharmonisan dan menumbuhkan rasa Bela Negara yang tidak diartikan Wajib Militer, tetapi juga menjaga keutuhan NKRI merupakan Wujud Bela Negara.

“Kita semua ingin melihat warisan budaya yang sudah diwariskan oleh para tetua kita. jadi tetap semangat menjaga persatuan dan kesatuan bela negara demi keutuhan NKRI,” jelasnya.

Menjaga keutuhan NKRI melalui budaya juga diutarakan oleh Anggota DPR RI Mukhlis Basri. Dimana menurutnya kemajemukan Masyarakat Indonesia bisa disatukan dengan kebudayaan

“Pertunjukan rakyat ini diperuntukkan untuk kita semua sebagai sarana hiburan di kala hidup lagi susah dan saat pesta demokrasi terjadi, semoga semuanya terhibur,” ujar Mukhlis.

Mukhlis juga menegaskan pentingnya sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, yang berarti setiap warga negara Indonesia berhak memilih agama dan keyakinannya masing-masing. Ia juga menekankan pentingnya menghormati perbedaan, baik mayoritas maupun minoritas, sebagai kunci keberagaman yang damai.

“Jika semua seperti maka kerukunan NKRI akan terus terjaga akan terus damai,” tambahnya.

Tahun pemilu, Mukhlis mengajak untuk menjalankan pesta demokrasi tanpa paksaan atau tekanan, demi menjaga kedamaian, keutuhan, dan kerukunan, khususnya di Desa Margodadi Lampung Selatan. Ia menekankan pentingnya pemilihan sesuai hati nurani agar keutuhan NKRI tetap terjaga.

“Pilihlah sesuai hati nurani akan tetap terjaga keutuhan NKRI,” tutupnya.

Exit mobile version